Komunitas BE-JO Deklarasi ‘Tumut’ Jokowi di 2024

Tulungagung, Nusantarapos – Komunitas Barisan Bela Jokowi (BE-JO), Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menyatakan siap mengawal kinerja Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) hingga akhir masa jabatan tahun 2024 nanti.  Minggu (27/3), para pemuda-pemudi BE-JO, berkumpul dan menggelar deklarasi bersama yang bertempat di Desa Kates, Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur.

“Jokowi adalah harapan rakyat. Sejauh ini bersama gerakan rakyat yang solid, mari kita kawal dan dukung apapun keputusan Jokowi di tahun 2024 nanti. Kami tidak memiliki kepentingan tertentu. Hanya satu suara bulat demi manfaat dan kinerja pemerintahan yang tetap terjaga utuh untuk seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Koordinator Komunitas Barisan Bela Jokowi (BE-JO) Dewi, melalui keterangannya pada redaksi, Minggu (27/3/2022).

Mbak Dewi sapaan akrabnya, menjelaskan, “Komunitas Barisan Bela Jokowi (BE-JO) ini terbentuk awal tahun silam, yang beranggotakan kelompok masyarakat yang satu suara untuk mengawal kinerja pemerintahan Jokowi beserta seluruh jajaran kabinetnya yang selama ini dinilai telah berjalan baik hampir di semua lini,” ungkapnya.

Ia mencontohkan anggaran belanja infrastruktur di era Presiden Jokowi meningkat dari 163 triliun pada tahun 2014, menjadi 420 triliun pada 2019. Kenaikan anggaran tersebut merealisasikan infrastruktur berupa 65 bendungan, 1 juta hektar lebih jaringan irigasi, jalan nasional sepanjang 4.119 kilometer, serta jalan tol 1.852 kilometer dan sebagainya.

“Kenaikan anggaran infrastruktur yang ternyata ikut direalisasikan dengan kerja nyata yang dengan potensi yang lebih baik serta manfaat yang lebih besar. Sejauh ini, geliat pembangunan yang begitu berdaya di era Presiden Jokowi, juga mampu beradaptasi dengan sangat cepat dalam menghadapi pandemi virus corona (COVID-19),” lanjutnya.

“Gerakan 3T, yaitu tracing, tracking, dan testing menjadi motor yang mampu mendongkrak vaksinasi di Indonesia sampai berada di peringkat terbaik keenam di dunia,” katanya. Capaian vaksinasi tersebut berdampak pada laju ekonomi yang mengalami perbaikan memasuki era new normal. “Pertumbuhan ekonomi sempat menyentuh angka minus 5,32 persen di awal pandemi COVID-19, lalu melonjak jauh menjadi 7,07 persen di akhir 2021,” jelasnya.

Salah satu yang fenomenal adalah suksesnya penyelenggaraan seri kejuaraan dunia Moto-GP, di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, NTB, pada akhir pekan lalu. Ini ikut menambah keberhasilan Jokowi karena telah menunjukkan keberagaman budaya dan kearifan lokal bangsa melalui wisata olahraga Indonesia di mata dunia. Lombok, khususnya Mandalika sudah menjadi Top of Mind dunia hari ini.

Menyikapi perkembangan politik tanah air yang menghangat akhir-akhir ini. Lebih lanjut, menurut salah satu tokoh anak muda Tulungagung ini, “Jokowi adalah harapan rakyat. Jokowi adalah jawaban untuk Indonesia maju dan sejahtera. Untuk itu, kami dari Komunitas Barisan BE-JO Tulungagung, setia mendukung dan ikut keputusan Jokowi 2024.

“Kami bahkan mendorong agar pak Jokowi bisa dipilih lagi dalam pemilu mendatang untuk memberikan beliau lebih banyak kesempatan menata dan membangun negeri ini seperti cita-cita bung Karno,” tutur Dewi.

Tak hanya itu, sebagai garda terdepan, mereka menyatakan akan terus setia dan tetap bertekad untuk mempercayakan langkah politik untuk ikut mengawal Jokowi dalam memimpin Indonesia. 

”Bila melihat kinerja Presiden Jokowi yang sudah baik ini, perlu kami dukung hingga akhir masa jabatannya di tahun 2024. Sebagai pewaris kami juga bagian dari gerakan rakyat, khususnya mewakili kaum muda Indonesia selalu terpanggil dan akan ikut serta dalam mengawal keutuhan bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya. (mars)

Editor: Arie Septiani