DESA  

Dorong Peningkatan Petani Trenggalek, Gus Ipin Serahkan Taxi Alsintan

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Untuk mendukung Kementerian Pertanian RI, Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyerahkan alsintan (Taxi Alsintan) di Saung Tani, Agro Park Kabupaten Trenggalek, Selasa (14/6/2022).

Alat tersebut diserahkan guna mendukung pengelolaan dan meningkatkan hasil pertanian. Karena petani lain bisa melakukan sistem sewa untuk dapat menggunakan alsintan tersebut.

“Program ini dari kementrian, dimana konsepnya para gapoktan memiliki alsintan secara mandiri difasilitasi oleh KUR, kata Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek tersebut.

Dijelaskannya, sedangkan penyebutan taxi, tersebut, diharapkan tidak hanya berotientasi kepada lahan saja, namun dalam pengelolaannya, mereka punya alat yang bisa disewakan.

Konsepnya seperti taxi yang bisa disewakan. Artinya bisa diorder atau disewakan untuk petani-petani lain yang membutuhkan. Sehingga dapat mempermudah proses seluruh petani secara mandiri.

“Terimakasih kami ucapkan kepada salah satu vendor, juga produsen dari dalam negeri,” ungkapnya.

Selain itu, Gus Ipin juga menerangkan siap untuk memberikan Technical Assistance sehingga dapat ketemu alsintan yang bagus. Terutama kerjasama dengan perbankan yang memfasilitasi lewat KUR.

Selain itu juga atas perhatian Dinas pertanian yang telah melakukan pembinaan kepada petani, sehingga para petani bisa memproduksi pertaniannya lebih produktif.

“Taxi Alsintan sendiri di inisiasi oleh Kementrian Pertanian dengan tujuan untuk menghadirkan teknologi pertanian di tengah-tengah petani,” imbuhnya.

Dituturkan Gus Ipin, ini juga merupakan salah satu langkah aksekerasi pemulihan ekonomi di sektor pertanian. Sedangkan Taxi Alsintan sendiri merupakan program penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). (Rudi)