DAERAH  

Peringati Hari Pajak, KPP Pratama Tuban Gelar Tadarus Al-Qur’an

Tuban, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Paratama Tuban memperingati hari pajak nasional di Masjid Al Ukhuwah, halaman kantornya pada Kamis (7/7/2022) sore.

Penetapan hari pajak yang jatuh pada tanggal 14 Juli ini merupakan momentum penting dalam sejarah perjalanan organisasi perpajakan di Indonesia. Dalam rangka penghormatan terhadap sejarah perjuangan bangsa, menguatkan jati diri organisasi DJP, serta memotivasi pengabdian para pegawai DJP kepada Tanah Air Indonesia. Perlu menetapkan 14 Juli 1945 sebagai Hari Pajak yang diperingati di lingkungan DJP. Sesuai dengan bunyi pertimbangan KEP-313/PJ/2017.

Berlatar belakang sejarah tersebut maka tanggal 14 Juli 1945 itulah yang diacu sebagai Hari Pajak. Penetapan 14 Juli tersebut tentu akan memberikan legitimasi historis kepada DJP sebagai soko guru utama kekuatan negara.

Berdasarkan pada uraian yang dijabarkan, dapat diketahui penetapan 14 Juli 1945 sebagai Hari Pajak mengacu pada kali pertama kata ‘pajak’ diucapkan. Momentum tersebut mengandung nilai luhur dan semangat perjuangan untuk menopang kehidupan bangsa Indonesia.

Kali ini, KPP Pratama Tuban memperingatinya dengan mengkhotamkan baca Alquran Binadhor. Alias saling simak membaca Alquran antara pegawai satu dengan lainnya. Proses mengkhatamkan ini sebagai wujud syukur pegawai dalam menuntaskan tugas mulianya.

Sejak sore, habis Sholat Asar seluruh pegawai mulai berkumpul di masjid. Usai melakukan sholat berjamaah, pegawai mengambil Muskhaf Alquran untuk saling tadarrus. Setia pegawai sudah diberi waqof juz masing – masing. Hingga sore hari, tadarrus Quran berhasil di khotamkan.

“Alhamduliklah sejak tadi hingga sore ini bisa di khahamkan. Setiap pegawai kita usahakan 1 juz dan saling simak. Semoga setiap tahunnya kita bisa rutin, ” kata Takmir Masjid Al Ukhuwah, KPP Pratama Tuban, Abdul Rahman.

Iringan doa dan harapan setiap pegawai mewarnai agenda tersebut. Sehingga dalam Khotmil Quran seluruh pegawai nampak khusu’ dalam menjalankannya. “Saya ikut membaca Alquran, setiap pegawai semuanya membaca alquran 1 juz masing – masing. Saling menyimak dan satunya membaca. Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kita agar penerimaan dan tugas kita bisa kita jalankan dengan baik, ” ungkap Kepala KPP Pratama Tuban, Arif Puji Susilo usai melakukan tadarrus. (Afi)