DAERAH  

Ronny Wahyono: Pemda Segera Koordinasi dengan  EL JOHN

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Terkait perbedaan sudut pandang Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah dan El JOHN ( sebagai pihak pengelola tempat wisata ) Pantai Teleng Ria Pacitan pada pasal yang berkaitan (force majeure) , kini masih menjadi tarik ulur dan belum ada titik temu.

Sebelumnya surat dari pedagang di kawasan Teleng Ria yang meminta perbaikan jalan sudah dilayangkan ke Bupati dan sudah ada dengar pendapat di DPRD Pacitan. Namun hingga sampai sekarang masih menunggu kabar dari Pemda, kapan tindak lanjut tentang permasalahan perbaikan jalan.

Menanggapi pengaduan dari pedagang soal tindak lanjut perbaikan jalan dan MoU  antara pemerintah daerah dan pihak EL JOHN, Ketua DPRD Ronny Wahyono ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/7/2022) angkat bicara dengan menyampaikan penjelasannya.

“Jadi dalam menyikapi hal ini kita harus memandang dari berbagai sudut pandang  EL JOHN, Pemeritah Daerah, Pemeriksa BPK dalam hal ini. Disisni adalah MoU harus diperjelas terutama terkait force majeure atau bencana alam. Hak dan kewajiban masing masing pihak itu apa saja, jadi harus diperjelas. Kemarin hasil konsultasi Pemda dengan BPK, BPK mengharapkan itu lebih di detailkan kembali,” katanya.

Sedangkan mengenai hak dan kewajiban masing-masing jika ada permasalahan  bencana alam, Roni melanjutkan,  “Kira – kira kalau ada bencana alam apa hak dan kewajiban masing- masing sehingga jelas semuanya. Karena kalau kita membantu investor kita juga menggunakan APBD, oleh karena itu harus ada dasar yang jelas.”

Ia berharap agar Pemda segera melakukan koordinasi dengan EL JOHN merevisi isi MoU bahkan lebih detail lagi melaksanakan kewajiban masing-masing yang pada intinya Pemda bisa melayani investor dengan sebaik-baiknya.

 

“Dan terkait jalan – jalan yang rusak akibat bencana alam kami harapkan Pemerintah Daerah bisa segera memperbaiki karena kunjungan wisata semakin meningkat, jangan sampai ke Pacitan wisatawan merasa kecewa, oh ternyata kok jelek, sehingga menjadi promosi yang kurang baik buat Pacitan, harapan kami ini tidak terjadi karena harapan kita wisatawan semakin meningkat dan kembali  seperti dahulu kala,” tuturnya.

Masih menurutnya lagi, karena investor seperti EL JOHN ini sekalanya nasional Pacitan diuntungkan karena bisa memasukkan investor seperti el John. “Harapanya bisa membawa pariwisata Pacitan tidak hanya dikancah propinsi jawa timur tapi nasional bahkan internasional serta bisa merekrut tenaga kerja karena mengurangi pengangguran dan akhirnya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.

Selain itu terkait pengelolaan Pariwisata di Pacitan sebagai Ketua DPRD Pacitan, Ronny menyarankan Kepada Kadis parwisata Pacitan,” Jadi dalam membangun pariwisata kita tidak bisa bekerja sendirian, karena tempat wisata luas sekali, ada wisata buatan dan wisata alam banyak, harus ada kerjasama yang baik antara Pemda dan yang punya usaha.”

“Kami berharap lagi kepada Kadis pariwisata bisa sinergi dengan seluruh lapisan masyarakat, pengusaha yang ada di Pacitan maupun diluar Pacitan. Tidak bisa pemerintah berjalan sendirian,  tidak akan secepat sampai tujuan,” pungkasnya.

WARTAWAN: MUJAHID

EDITOR: JOKO