BISNIS  

Accor Merayakan Warisan Budaya Indonesia dengan KarnavALL Batik Indonesia

Hotel dan resor Accor di lebih dari 30 destinasi di Indonesia menyelenggarakan acara bertema batik sepanjang bulan Oktober.

Bali – Accor, grup perhotelan global terkemuka, dengan bangga mempersembahkan KarnavALL Batik Indonesia dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional yang dirayakan tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Untuk menghormati tradisi Indonesia yang berharga ini, hotel dan resor Accor di lebih dari 30 destinasi di seluruh negeri akan menghadirkan serangkaian kegiatan bertema Batik sepanjang bulan Oktober, menawarkan pengalaman yang benar-benar mendalam bagi para tamu.

Kegiatan-kegiatan ini akan mencakup peragaan busana, lokakarya, pameran yang menampilkan produk Batik dari usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal, serta hidangan kuliner yang terinspirasi oleh tema Batik. Para tamu dari segala usia akan diajak berpartisipasi melalui beragam acara, mulai dari kegiatan interaktif untuk anak-anak hingga diskon khusus bagi mereka yang mengenakan pakaian Batik.

Garth Simmons, Accor’s Chief Operating Officer, Premium, Midscale & Economy Division in Asia, mengungkapkan kegembiraannya, “Kami sangat antusias merayakan warisan budaya Indonesia yang kaya melalui inisiatif KarnavALL Batik Indonesia. Perayaan ini tidak hanya menghormati seni Batik yang indah, tetapi juga menghubungkan tradisi dengan pengalaman kontemporer, memungkinkan para tamu kami berinteraksi dengan budaya Indonesia secara bermakna. Kami bangga mendukung komunitas lokal dan usaha kecil dan menengah, menampilkan keahlian mereka sekaligus menawarkan pengalaman yang unik dan berkesan bagi para tamu kami.”

Grand Mercure Bali Seminyak dengan antusias berpartisipasi dalam perayaan nasional ini, menghadirkan perpaduan unik antara Batik dan budaya lokal Bali. Kegiatan Hari Batik di hotel ini dimulai pada 2 Oktober dengan kampanye media sosial yang berfokus pada kain ikonik Bali, Endek, menyoroti warisan tekstil kebanggaan pulau Bali. Selain itu, hotel juga menyelenggarakan talkshow langsung bekerja sama dengan Putra Putri Batik Nusantara, yang membahas bagaimana Batik dapat dilestarikan di era modern. Diskusi interaktif ini memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berbagi visi mereka tentang masa depan Batik kepada audiens secara global.

Untuk memeriahkan Hari Batik di hotel, Grand Mercure Bali Seminyak bekerja sama dengan dua UKM lokal yang berfokus pada pada Batik Nusantara dan Endek Bali, dengan mengadakan pameran yang dikurasi secara khusus dari tanggal 15 hingga 20 Oktober 2024 di Lobby Grand Mercure Bali Seminyak yang menampilkan keindahan kain Batik dan Endek. Selain itu, hotel juga mengadakan workshop Towel Art pada 15 Oktober, di mana 30 tamu yang antusias belajar cara membuat desain handuk yang dihias dengan motif Batik, dipimpin oleh tim housekeeping. Upaya kolaboratif ini tidak hanya mendukung usaha lokal, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang kaya dan tak terlupakan bagi tamu-tamu kami, yang mencerminkan komitmen hotel dalam mengangkat potensi lokal.

Yakob Zaini, General Manager Grand Mercure Bali Seminyak, mengungkapkan : “Di Grand Mercure Bali Seminyak, kami merasa bangga dapat merayakan warisan ini dan bangga mendukung pengrajin lokal dengan memberi mereka platform untuk menampilkan karya luar biasa mereka. Melalui kegiatan-kegiatan yang terinspirasi oleh Batik ini, kami bertujuan memberikan pengalaman unik kepada tamu-tamu kami yang berakar kuat pada tradisi Indonesia, sembari juga memandang ke masa depan. Perayaan ini adalah cara kami menghubungkan orang, budaya, dan komunitas dengan cara yang autentik dan bermakna.”

Publik diundang untuk bergabung dalam perayaan secara langsung maupun online  dengan mengikuti #KarnavALLBatikIndonesia2024 dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bertema Batik sepanjang bulan. Informasi lebih lanjut, ikuti Instagram Resmi Grand Mercure Bali Seminyak @grandmercurebaliseminyak.

Tentang Grand Mercure Bali Seminyak

TENTANG ACCOR

Accor adalah grup perhotelan terkemuka dunia yang menawarkan pengalaman di lebih dari 110 negara dengan 5.700 properti, 10.000 tempat makanan & minuman, fasilitas kebugaran, dan ruang kerja fleksibel. Grup ini memiliki salah satu ekosistem perhotelan paling beragam di industri, mencakup lebih dari 45 merek hotel dari kategori mewah hingga ekonomi, serta Lifestyle melalui Ennismore. Accor berfokus pada tindakan positif melalui etika bisnis, pariwisata yang bertanggung jawab, keberlanjutan lingkungan, keterlibatan komunitas, keberagaman, dan inklusivitas. Didirikan pada tahun 1967, Accor SA berkantor pusat di Prancis dan terdaftar di Bursa Saham Euronext Paris (kode ISIN: FR0000120404) serta di Pasar OTC (Ticker: ACCYY) di Amerika Serikat. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi group.accor.com atau ikuti kami di X, Facebook, LinkedIn, Instagram, dan TikTok.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES