Jakarta, Nusantarapos – Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) mendukung penuh pameran virtual inaFashion Smesco Online Expo 2021 yang diinisasi oleh Inaproduct dan bekerjasama dengan Smesco Indonesia. Karena di dalam pemulihan ekonomi nasional ini diperlukan banyak sekali terobosan terutama yang bersifat digital/ pameran virtual untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli.
“HIPPINDO melihat Smesco merupakan sentra UKM sangat tepat dimana dalam
pameran ini pelaku UKM dapat membeli bahan-bahan bakunya disini melalui virtual tanpa harus datang ke lokasi dan nantinya produk UKM-UKM ini diharapkan dapat masuk ke ritel dan penyewa anggota HIPPINDO,” kata Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO, Rabu (14/4/2021).
Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia menambahkan, “inaFashion Smesco Online Expo 2021 akan berlangsung pada tanggal 21-30 April 2021, diselenggarakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, program Bangga Buatan Indonesia, memperingati Hari Kartini, dan Hari Konsumen Nasional serta menyambut Hari Raya Idul Fitri dimana masyarakat tidak bisa mudik. Melalui kolaborasi yang dilakukan ini, diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian yang terdampak selama pandemi,”
Melalui pameran virtual ini pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan penjualannya secara digital dan dapat memperluas jaringan bisnisnya hingga ke mancanegara.
“Pameran ini akan berlangsung selama 24 jam di Jakarta (online), melalui tradefair.inaproduct.com, dimana akan mempertemukan berbagai pelaku usaha skala besar, menengah, kecil, UKM, pemangku kepentingan di sektor industri tekstil, produk tekstil (raw materials, supporting, ready to wear dan batik), termasuk alas kaki baik dalam negeri maupun luar negeri. Kami juga menyiapkan rangkaian kegiatan, seperti business matching, workshop, talk show, dan fashion show.” kata Herlina Dole, Event Director inaFashion Smesco Online Expo 2021.
“Pada event inaFashion Online Exhibition ini, INIFD Indonesia menyajikan berbagai
acara yang bisa diakses walaupun hanya secara online. Mulai dari Fashion Drawing dan Outfit of the Day Competition, fashion show, serta talk show dan workshop dengan tema-tema yang menarik dan dibutuhkan oleh pelaku usaha,” kata Mia Apilia, Center Manager INIFD Indonesia.
“Bahwa pameran ini kami pandang perlu, sebagai produsen/pabrik dapat menjual eceran atau dalam partai kecil ke UKM untuk berbelanja, para UKM tidak perlu datang ke Jakarta, nantinya bisa bertemu, membeli, menawar melalui pameran ini,” ujar Jemmy Kartiwa Sastraatmaja, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).
Dalam kesempatan yang sama, Public Policy and Government Relations Senior Lead Tokopedia, Hilmi Adrianto, menyambut baik kolaborasi antara Tokopedia dan Smesco Indonesia.
“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mengakselerasi adopsi digital bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal dari industri fesyen, agar dapat beradaptasi di tengah pandemi. Para pegiat UMKM yang tergabung dalam ‘InaFashion Smesco Online Expo 2021’ merupakan bagian dari lebih dari 10 juta penjual di Tokopedia, dimana hampir 100%nya UMKM bahkan 94% berskala ultra mikro,” ungkap Hilmi.
“Harapannya, para pegiat usaha lokal terus dipermudah untuk menjaga keberlangsungan bisnis ditengah pandemi demi berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia sekaligus mendorong semakin banyak masyarakat untuk bangga dan memakai produk buatan Indonesia,” tambah Hilmi. (Rilis)