banner 970x250
DAERAH  

Gelar Rapim, DPRD Trenggalek Evaluasi Kinerja AKD dan Pendampingan

TRENGGALEK – Pelaksanaan tugas alat kelengkapan dan pendamping DPRD Trenggalek kembali di evaluasi. Rapat tersebut dilakukan untuk melihat pelaksanaan kegiatan pada dua bulan diawal tahun 2022.

Dipimpin Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam, rapat terkait pelaksanaan tugas tersebut membicarakan tugas pokok dan fungsi DPRD yang harus dilakukan secara maksimal.

“Seluruh anggota DPRD dan pendamping kita ajak rapat kali ini untuk melakukan koordinasi terkait evaluasi dan rencana kegiatan,” kata Samsul Anam usai rapat, Rabu (2/2/2022).

Samsul menjelaskan, undangan ini ditujukan kepada semua alat kelengkapan DPRD ditambah dengan pendamping, membahas evaluasi pelaksanaan serapan yang sudah berjalan dua bulan ini untuk dijadikan tolak ukur perkembangan bulan berikutnya.

Fungsi pengawasan pada alat kelengkapan DPRD juga didorong, hal itu mengingat sebentar lagi ada pelaksanaan penyusunan RKPD. Selanjutnya dilakukan rencana Musrenbang, sehingga semua dimintai masukan untuk disampaikan kepada eksekutif karena masuk tahun kedua RPJMD.

“Paling penting kami sarankan keaktifan alat kelengkapan dalam pengawasan, dorongan rapat serta kunjungan kerja perlu di optimalkan,” pinta Samsul.

Samsul menambahkan, semua sudah mengetahui dimana dalam dua kali Musrenbang masih banyak usulan yang belum masuk karena wabah Covid-19, sehingga perlu di lakukan penganggaran kembali untuk pelaksanaan dengan sistem normal kembali.

Selain itu pemulihan ekonomi juga harus segera dilakukan, target adanya desa wisata dan pemberdayaan UMKM juga harus diawasi.

Karena hal itu telah sesuai dengan UU 23 tahun 2014, sehingga kegiatan yang belum bisa dilaksanakan dan belum bisa dibayar serta masalah lainnya masih perlu didalami.

Bahkan semua harus bergerak karena sebentar lagi juga mendekati pesta demokrasi yakni pemilihan umum, sehingga pengawasan dan kontrol harus dilakukan.

“Setelah ini kami akan mengundang TAPD untuk melakukan konsultasi. Jadi nanti akan ada agenda kembali,” pungkasnya. (Rudi)