Willem Wandik Sambut Baik Rencana Pemerintah Dirikan Universitas Internasional di Papua

Anggota DPR RI Dapil Papua Willem Wandik.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Rencana pemerintah untuk mendirikan Universitas Internasional di Papua disambut baik oleh Anggota DPR RI dari dapil Papua William Wandik. Dengan adanya pendirian tersebut diharapkan mampu menciptakan kualitas SDM bagi masyarakat Papua yang berkualitas.

“Kami berharap ini bisa mendatangkan perubahan bagi masyarakat asli Papua. Kami berharap bisa meningkatkan kualitas bagi bagi SDM asli Papua,” kata anggota Komisi V DPR RI itu saat dihubungi Selasa (15/2/2022).

Willem menjelaskan kehadiran Universitas Internasional Papua bisa memberikan angin segar bagi sektor pendidikan. Khususnya, pendidikan tinggi di Bumi Cenderawasih.

“Tentunya ini akan menjadi pertama kalinya di Papua, dan bisa menjadi Harvardnya Indonesia yang ada di Papua. Kami senang sekali jika ini terealisasi,” harap Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Dia mengatakan dengan adanya Universitas Internasional Papua (UIP) ini bisa menciptakan SDM Papua yang tangguh dan tentunya menyumbangkan sumber daya manusia berkualitas unggul yang akan memajukan Tanah Papua.

“Dan tentunya ke depan diharapkan bisa membantu Indonesia mengejar bonus demografi di 2030 dan Indonesia Emas 2045,” ucap Willem yang juga Ketua Umum GAMKI.

Sekedar diketahui, Provinsi Papua dalam waktu dekat akan segera mempunyai universitas bertaraf internasional. Bahkan kampus yang dinamai Universitas Internasional Papua disebut akan menjadi saingan Harvard University di Amerika Serikat.

Hal itu setelah pemerintah pusat secara resmi melakukan serah terima Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek Nomor 24/E/O/2022 tentang izin pendirian dan peresmian Universitas Internasional Papua (UIP), Senin 14 Februari 2022.

SK yang telah diterbitkan sejak 17 Januari 2022 itu sebagai dukungan pemerintah terhadap sektor pendidikan dalam memajukan sumber daya manusia di Papua.

Di Universitas tersebut, akan memiliki dua fakultas unggulan, yaitu sains dan teknologi serta keguruan dan ilmu pendidikan. Kampus itu juga difasilitasi dengan research center berskala Internasional untuk menunjang sarana pembelajaran mahasiswa.