DAERAH  

Trenggalek Terus Dorong Kebangkitan Ekonomi Keluarga

TRENGGALEK – Kebangkitan ekonomi keluarga terus digenjot Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini. Tidak hanya berbagi ilmu dan informasi, pihaknya juga sering mengadakan pelatihan.

“Berjualan itu ada ilmunya, ada trik tersendiri agar apa yang kita jual menarik bagi konsumen,” kata Novita, bertempat di Gedung Bawarasa Trenggalek, Selasa (1/3/2022).

Ditegaskannya, selain cerdas dan bijak menggunakan dunia digital, publik speaking juga menjadi salah satu cara menarik calon cotumer mengatakan iya terhadap produk yang kita jual.

Sehingga diharapkan pelatihan wirausaha perempuan ini bisa menjadi titik mula. Approaching yang diberikan sedikit berbeda, untuk bisa mendampingi perempuan-perempuan yang ada di setiap desa bisa berdaya.

“Seperti inkubasi bisnis bagi kader-kader Sepeda Keren. Harapannya bisa menjadi brand mark mereka untuk bisa mengembangkan potensi pendapatan keluarga,” terangnya.

Diimbuhkan Novita, untuk menjadi penjual hadal ada ketrampilan ýang harus dikuasai. Dan yang paling pertama adalah ketrampilan publik speaking. Bagaimana kita bisa mengolah sebuah kalimat sehingga kita mengetahui pembeli itu pasti akan berkata iya.

Keterampilan ini butuh proses yang panjang sehingga harapan saya, melalui inkubasi-inkubasi ini masyarakat terutama perempuan-perempuan dan kader Sepeda Keren, semakin meningkat lagi kemampuannya.

“Mulai dari keterlibatan perempuan dalam pembangunan desa. Punya keterampilan baru, terus bagaimana bisa meningkatkan penjualan melalui marketing yang tepat,” tutupnya. (Rudi)