MUSIK  

Lagu Sayembara “Cahaya” Milik Nurbayan Jatuh ke Fildan

Jakarta, Nusantarapos – Setelah setahun terakhir para penggemar jebolah Dangdut Academy dan Liga Dangdut Indonesia dibuat penasaran siapakah pemenang lagu sayembara berjudul “Cahaya” milik MR Nurbayan ini, akhirnya Fildanlah yang berhasil dipercayakan.

Ucapan syukur yang mendalam dari MR Nurbayan langsung ia sampaikan “Alhamdulillah, lagu ini dinyanyikan oleh Fildan dengan suara yang luar biasa, Cahaya merupakan Maha Karya yang sempurna”, tutur MR_Nurbayan melalui Siaran Pers yang diterima Nusantarapos, Senin (14/3/2022).

Diketahui, MR Nurbayan merupakan sosok dibalik lagu Kejora yang hingga kini menjadi karya bersejarah bagi Lesti. Begitu pula Fildan, ia adalah peraih gelar Juara 1 dalam beberapa ajang kompetisi menyanyi, dari mulai Dangdut Academy musim ke-4, Dangdut Academy Asia, hingga D’star, gelar yang diperebutkan oleh para sang juara.

Lagu “Cahaya” dirilis secara exclusive oleh label rekaman 3D Entertainment dan STREAM Entertainment sebagai manajemen artis, melalui tiga platform, yaitu YouTube MusicTiktok dan Instagram Reels, pada 11 Maret 2022.  Beriringan juga music video-nya sudah dapat ditonton di YouTube 3D Entertainment di hari yang sama.

Tak hanya memberikan nyawa dalam lagu ini melalui suara, Fildan turut andil dalam musiknya. “Iyah, secara menyanyi, saya memberikan ciri khas Fildan, seperti nada tinggi saat meneriakan kata Cahaya. Kalau dari sisi musik, saya mengisi instrumen gitarnya secara langsung,” jelas Fildan.

Makna lirik tentang kehilangan cinta sejati, membuat lagu ini terasa sangat menyentuh dan digambarkan dalam sebuah cerita di music video-nya. “Lagu ini kan tentang cinta sejati, pengorbanan dan harus kehilangan cinta sejatinya. Dalam music video pun kemarin diceritakan saya memiliki kekasih seorang penari teaterikal, selalu menemani dia latihan, hingga akhirnya menjelang ia mau tampil, cewek itu sakit dan akhirnya saya yang menggantikan tampil dalam pertunjukan itu,” tutur Fildan.

Semakin dramatis, music video mengambil lokasi di sebuah gedung bersejarah, yaitu Gedung Kesenian Jakarta. “Para seniman, musisi ternama lahir dan pernah tampil di gedung ini, jadi saya bangga sekali bisa menggunakan Gedung Kesenian Jakarta, untuk menampilkan karya terbaru saya “Cahaya” semoga karyanya pun terus bercahaya,” ungkap Fildan.