Survei TBRC: “Airlangga Mampu Salip Prabowo”

SALATIGA,NUSANTARAPOS, – Direktur Eksekutive Timur Barat Research Center (TBRC) Yohanes Romeoi merilis hasil survei terkini yang menunjukkan bahwa Partai Golkar bakal memperoleh persentasi tertinggi. Begitu juga Ketua Umum Airlangga Hartarto paling banyak dipilih respoden, menyalip Prabowo Subianto.

Ia menjelaskan, Partai Golkar meraih persentase tertinggi  (17,4 %0 disusul oleh Gerindra (14,9 %), PDI Perjuangan  (14,7 %), Partai Keadilan Sejahtera atau PKS (6,6 %), Partai Demokrat (6,3 %),  Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB (4,8%), NasDem (4,4%),  Perindo (2,2 %) PPP (2,1%), PAN (2,1%),  Partai PRIMA  (1,8 %), Garuda (1,3%),Gelora (1,2%)  ,PBB (1,2%) ,PSI (1,1%) , Partai Hanura (1,0%),Berkarya (0.6%),PKPI (0,4%),UMMAT (0,3%),Tidak mengisi Jawaban (15,7%).

Menurutnya, hasil pengolahan data tersebut diketahui dari pemahaman masyarakat terkait capres yang harus diusung atau dicalonkan oleh parpol peserta Pemilu 2024.

“Karena hanya partai yang bisa mengajukan  calon presiden, sangat logis bila ketua umum partai jadi prioritas pertama untuk menjadi calon  presiden,” ungkapnya, Selasa,(22/3/2022).

Ternyata, Ketua Umum Partai Golkar paling banyak dipilih yaitu sebanyak 29,8%, kemudian Ketum Gerindra Prabowo Subianto dipilih sebanyak 22,8% , diurutan ketiga yang sangat mengejutkan ternyata diisi oleh Megawati Soekarnoputri dengan 10,1 persen. Itu artinya Megawati masih memiliki pemilih yang sangat militan dan loyal pada Megawati.

Berikut prosentasi pilihan diantaranya:

Airlanngga Hartarto 29,8 %

Prabowo Subianto 22,8 %

Megawati 10,1 %

Agus Harimurti Yudhoyono 4,6 %

Muhaimin Iskandar 4,4 %

Ahmad Syaikhu 2,4 %

Surya Paloh 2,1 %

Suharso Monoarfa 1,9 %

Zulkifli Hasan 1,2% tidak menjawab 20,7 %

Muhaimin Iskandar 4,40 %

Agus Harimurti Yudhoyono 4,60 %

Surya Paloh 2,10 %

Zulkifli Hasan 1,20 %

Suharso Monoarfa 1,90 %

Ahmad Syaikhu 2,40 %

Tidak menjawab 20,70 %

Total     100,00%

Sementara tingginya tingkat keterpilihan Airlangga Hartarto selain adanya korelasi antara posisinya sebagai Menko Perekonomian yang punya tanggung jawab besar dalam memulihkan kesejahteraan masyarakat akibat dampak covid-19, menurut hasil penelitian ini tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi–Ma’ruf khususnya berkaitan perekonomian masyarakat menunjukkan indikator tingkat Kepuasan publik yang sangat tinggi hingga  81,2%.

Partai Golkar pada Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar tahun lalu telah resmi  menunjuk Ketua Umum Airlangga Hartanto untuk maju menjadi calon presiden 2024.tentunya mesin partai Golkar dan sayap sayap partai sudah mulai bekerja sesuai amanat hasil Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar tahun lalu.

Walau dinamika yang terjadi ditubuh internal PDI Perjuangan nama Ganjar Pranowo sudah banyak mendapat dukungan untuk diusung oleh PDI Perjuangan, namun dari analisis berita dan sikap elite partai menunjukan bahwa sementara ini Ganjar belum atau tidak akan dicalonkan oleh  PDI Perjuangan.

“Dan justru PDI Perjuangan kemungkinan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Prabowo-Puan,”kata Yohanes Romeo.

Sementara, ibarat sapu lidi, Partai Golkar juga berpotensi masuk dua besar dan memenangkan Pemilu 2024 mendatang. Potensi ini dikarenakan Partai Golkar memiliki penyangga suara nasional dari daerah yang sangat kuat. Prediksi ini disampaikan Direktur iRekap (Institut Riset dan Kajian Publik) Taufik Lamade di Jakarta, Selasa (22/03/2022).

 

Menurutnya, Partai Golkar mempunyai banyak tokoh kuat di daerah. Para tokoh lokal yang kuat tersebut mempunyai massa masing-masing. Pengikut tokoh kuat di lokal itulah yang kemudian menjadi penyanggah secara nasional.

Editor: JOKO