SMA Muhi Torehkan Prosentase Kelulusan SNMPTN Tertinggi Sekolah Swasta di Yogya

SMA Muhammadiyah Yogya
SMA Muhammadiyah Yogya (Foto: Humas Muhi)

YOGYA,NUSANTARAPOS,- Dari hasil seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) tahun 2022 yang telah diumumkan, jumlah siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) sebanyak 56 siswa dinyatakan lulus. Hal ini tentu menempatkan SMA tersebut menjadi SMA/MA swasta dengan prosentase kelulusan SMPTN tertinggi di DIY yakni sebesar 39,72%.

Grafik Kelulusan SMPTN
Grafik Kelulusan SMPTN

Drs. H Herynugroho, M.Pd., selaku kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyampaikan rasa syukur dan bangga atas hasil SNMPTN 2022. “Alhamdulillah atas keberhasilan ini. Hal tersebut adalah bentuk prestasi dari semua pihak yang telah bekerja keras,” katanya melalui rilisnya Jumat (1/4/22).

Keberhasilan ini lanjutnya, membuktikan bahwa kualitas pendidikan pendidikan di sekolah ini tetap terjaga meskipun di masa pandemi yang banyak keterbatasan.

“Alhamdulillah tahun 2022 ini terjadi peningkatan yang signifikan dari tahun lalu. Hal ini menjadi suatu tantangan ke depan agar prestasi ini terus ditingkatkan,” terangnya.

Sementara itu, tak lupa Kurikulum SMA Muhi memberikan ucapan selamat kepada siswa yang lolos SNMPTN 2022.

Marsuni, S.Pd., selaku wakaur bidang kurikulum menyampaikan bahwa keberhasilan ini adalah hasil kerja keras para guru dan tenaga kependidikan serta siswa selama 3 tahun terakhir. “Alhamdulillah walaupun di masa pandemi kita penuh dengan keterbatasan, namun dengan doa dan kerja keras SMA Muhi tetap bisa berprestasi. Semoga kedepan SMA Muhi terus mampu menjawab tantangan zaman” terangnya.

Untuk mencapai keberhasilan tersebut, ternyata setiap awal tahun pelajaran Kurikulum sudah melakukan koordinasi dengan Bimbingan Konseling (BK) dengan melakukan pemetaan prestasi siswa.

Bimbingan Konseling juga selalu memberikan arahan secara tepat kepada peserta didik kelas XII. “Bagi siswa yang belum lolos SNMPTN jangan berputus asa, masih ada SBMPTN. Persiapkan diri anda, karena kompetisinya lebih keta,” pungkasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan tim kurikulum, Edo Lestari, S.Pd, selaku koordinator BK SMA Muhi mengatakan bahwa telah dilaksanakan pemetaan dan pendampingan 40% siswa dengan nilai raport terbaik selama 5 semester.

Terjadi peningkatan hasil SNMPTN dari tahun 2022 dimana tahun ini berhasil meluluskan 39,72% dari 141 siswa yang mendaftar SNMPTN dengan peserta didik yang diterima di UGM sebanyak 37 anak, disusul UPN Veteran Yogyakarta 15 anak, IPB 3 anak dan ISI Yogyakarta 1 anak.

Editor: JOKO