DAERAH  

Tidak Hanya Imbauan, Cegah Stunting Harus dengan Pendampingan

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Penanganan stunting tidak bisa hanya sekedar himbauan saja, perlunya ada upaya lebih dari sekedar himbauan. Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Trenggalek Novita Hardini saat melaksanakan safari ramadhan di Desa Baruharjo, Kecamatan Durenan Trenggalek, Selasa (19/4).

“Kami berniat program ini sifatnya harus bergeser, jangan hanya sebagai himbauan saja,” ungkap Novita.

Dalam hal ini pemerintah akan benar-benar hadir mendampingi setiap orang tua yang memiliki anak-anak yang menderita stanting. Atau bahkan remaja yang akan menikah agar memiliki pengetahuan pola asuh di dalam rumah tangga itu seperti apa.

Mulai dari menyiapkan makanan yang bergizi, komunikasi yang efektif dalam membangun mental dan pertumbuhan positif bagi anak-anak. Sampai kepada kesehatan Ayah, Ibu yang berpengaruh positif pada anak-anak.

“Menekan Stunting memang perlu ada upaya ekstra dari semua pihak, tidak bisa hanya berpangku tangan pada pemerintah,” ujarnya.

Kenapa harus dicegah, karena anak yang Stunting pertumbuhan otaknya cenderung kurang maksimal. Selain itu juga memiliki kecenderungan mengidap penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, gagal ginjal dan penyakit lainnya di usia tertentu.

Kemudian Stunting juga bisa menyebabkan angka kemiskinan baru. Makanya pemerintah getol berupaya menekan angka stunting ini, demi menyiapkan generasi mendatang yang lebih berkualitas.

“Pemerintah akan getol mendampingi masyarakat agar angka stunting terus menurun,” pungkasnya. (Rudi)