DAERAH  

Program SMS Bu Novita Akan Selalu Hadir Di Bulan Ramadhan

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Program SMS (Sareng Masak Sama) Bu Novita bakal menyapa seluruh masyarakat Trenggalek. Program tersebut digagas dalam upaya meningkatkan peran PKK dalam penanganan stunting.

Rencananya program ini akan selalu ada dalam setiap kegiatan Safari Ramadhan Ketua TP PKK Trenggalek. SMS dipilih, karena anak cenderung makan apa yang dimaunya.

“Meski anak cenderung suka makan, namun belum tentu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak,” kata Novita Hardini selaku Ketua TP PKK Trenggalek, Rabu (20/4/2022).

Karena alasan itu disampaikan Novita, para orang tua yang memiliki anak atau anak stunting diharapkan bisa kreatif menciptakan menu makan yang disukai anak namun tanpa meninggalkan asupan gizi yang cukup untuk anaknya.

Apalagi kejadian stunting pada anak, belum tentu karena kemiskinan, bisa saja kejadian gagal tumbuh ini disebabkan oleh pola asuh yang salah. Karena kondisi stunting sendiri bukan dikarenakan faktor genetik.

“Program SMM akan menyapa di setiap Safari Ramadhan seperti biasa kita beribadah bersama,” ucapnya.

Disampaikan Novita, yang paling penting dan spesial dari Safari Ramadhan tahun ini setiap kegiatan berkunjung ke kecamatan akan selalu ada program SMS Bu Novita. Hal itu sebagai upaya mengajak bersama masyarakat untuk membedah bagaimana menyajikan menu makanan yang bergizi tapi disukai oleh anak-anak kita.

“Upaya ini demi menekan angka stunting, serta bisa menjadi inovasi kembanggan dari program PKK,” ujarnya.

Sementara Penjabat Sekda Trenggalek Andriyanto, menjelaskan kalau Brownis Tiwul kaya akan kabrohidrat yang baik untuk mencegah gangguan pencernaan. Kemudian dikombinasikan dengan coklat yang kaya anti oksidan.

Sedangkan Brownis Pisang yang dimasak di Desa Baruharjo menurut pria yang juga merupakan Ketua Umum PP AsNI (Asosiasi Nutrisionis Indonesia) itu, kaya akan Kalium, karena ada pisang didalamnya.

“Jadi fungsi Kalium atau K ini baik untuk relaksasi otot. Paling banyak terdapat pada kelapa muda dan setelahnya pisang,” terang Andriyanto. (Rudi)