DESA  

BPN Banyuwangi Menggelar Penyuluhan PTSL di Desa Parijatah Wetan

Banyuwangi, Nusantarapos – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banyuwangi menggelar Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Parijatah Wetan, Kecamatan Srono, Selasa (24/5/2022).

Penyuluhan ini untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat sehingga program pemerintah dalam pendaftaran tanah sebagai hak milik bisa berjalan dengan sukses.

Nampak hadir dalam penyuluhan Program PTSL yakni Team dari BPN dan dari Polresta Banyuwangi selaku narasumber.

Kepala Desa Parijatah Wetan Hj. Istiqomah saat dikonfirmasi oleh beberapa wartawan mengatakan, “Ini penyuluhan dari BPN Banyuwangi, yang sebelumnya penyuluhan yang dari desa sudah waktu orang- orang belum mendaftar, itu sudah melakukan per dusun. Jadi setiap dusun kita datang penyuluhan bahwa program PTSL ini merupakan program yang sangat bagus yang banyak membantu warga, dan alhamdulillah dari ini dari BPN sudah banyak menjelaskan, terkait dengan persyaratan dan bagaimana pentingnya kita punya sertifikat, ” ungkapnya.

Saat ini, di desa Parijatah Wetan sudah ada 2500 lebih yang pendaftar dari kuota yang dari BPN 3200.

“Mudah – mudahan dengan adanya penyuluhan ini warga yang kemarin belum ikut, entah terkait dengan masalah atau apapun jadi lebih mantap. Saya selaku kepala desa berharap bagaimana masyarakat biar ngerti karena  banyak persyaratan yang belum dicukupi sebagaimana tadi yang disampaikan, dan semoga program PTSL ini berjalan dengan sukses, ” ujar Hj. Istiqomah.

Sementara itu, Faizin selaku Kasi pemantapan hak dari team BPN menyatakan, “Penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat mengerti tentang PTSL. Dari itu kita memberikan pemahaman terkait subyek dan juga obyeknya serta biaya pendaftarannya juga. Dan untuk setiap lokasi tanah yang menjadi obyek PTSL itu wajib untuk mendaftar PTSL,” pungkasnya.(hns)