DESA  

Ketua TP-PKK Lampura Memimpin Tim Penilai Lomba Desa Tahun 2022

Lampung Utara, Nusantarapos.co.id – Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Hj. Nur Endah Sulastri Budi Utomo, memimpin Tim Penilai Lomba Desa tahun 2022 tingkat kabupaten, yang telah masuk tiga besar di Desa Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi.

Kegiatan yang bertujuan guna mencari desa yang unggul untuk dilombakan ditingkat provinsi tersebut, turut dihadiri, camat Abung Tinggi, Hj. Megarani, OPD terkait, Ketua tim penggerak PKK kecamatan dan desa, kepala UPTD puskesmas, Kabid Pembinaan Paud dan Non Formal Dinas Pendidikan, Yeni Sulistina, Danramil, Kapolsek, serta seluruh kepala desa se-kecamatan Abung Tinggi.

Kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan. Dimulai dari tari-tarian, dilanjutkan mempromosikan hasil pertanian perkebunan yang sangat berlimpah ruah, sehingga terbentuknya ekonomi mandiri dan sehat pada warga masyarakat desa setempat.

Selanjutnya, mengenalkan hasil dari kreatifitas Ibu PKK. Seperti kripik pisang, bubuk bubuk kopi dan lain-lain berbagai menu ciri khas makanan.

Tidak kalah penting lagi mengenalkan keindahan alam sekitar, Posyandu, Paud, Rumah Sehat dan mengenalkan lumbung pangan serta lumbung penghasil ikan nila di Desa Sidokayo.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Endah Sulastri menyampaikan bila kegiatan kali ini merupakan verifikasi nilai penentu Lomba Desa di tingkat kabupaten. Adapun penilaian yang diterapkan ada tiga sistem, penilaian secara pemaparan, penilaian survei lapangan, dan penilaian secara administrasi.

“Bagi Desa yang lolos dalam penilaian dan dapat menjuarai Lomba Desa pada tingkat kabupaten, akan mewakili 232 Desa di Lampung Utara untuk ikut Lomba Desa di tingkat Provinsi,” katanya.

Nur Endah juga menjelaskan ada tiga desa yang masuk tiga besar, yakni Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan, Desa Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi dan Desa Sukamaju Kecamatan Abung Semuli.

Sementara itu, ditempat terpisah, Senin (30/5/2022), kepala Desa Sidokayo, Agus Saripudin mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas hadirnya tim penilai lomba desa dari kabupaten.

“Alhamdulillah, kemarin dari tim kabupaten telah hadir di desa kami dan telah melakukan Klarifikasi penilaian di desa kami,” ucapnya. (RH)