IKAPI Berikan Donasi dan Semangati Anak-anak Panti Asuhan

Ketua IKAPI Oscar Sagita berikan bantuan secara simbolis kepada Kepala Panti Asuhan Anak Putra Utama 1 Adji Antoko.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) menggelar bakti sosial dengan tema “Tebarkan Kepedulian, Berbagi Kebahagiaan, Mengukir Kebersama” di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, Jakarta Timur, Selasa (31/5/2022).

Acara baksos tersebut dihadiri belasan pengurus DPP IKAPI, seperti Ketua IKAPI Oscar Sagita, Alamsyah Sinurat dan lainnya. Kedatangan mereka disambut antusias oleh puluhan anak yang ada di panti asuhan tersebut

Selain di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, kegiatan baksos IKAPI juga diadakan di Panti Asuhan Rumah Piatu Muslimin, Jakarta Pusat. Di sana DPP IKAPI diwakili oleh Sekretaris IKAPI R. Primaditya Wirasandi dan pengurus lainnya.

Ketua Panitia Alamsyah Sinurat berikan donasi kepada anak Panti Asuhan Anak Putra Utama 1 disaksikan oleh Ketua IKAPI Oscar Sagita.

Ketua IKAPI Oscar Sagita mengatakan
bakti sosial pada dua tempat tersebut diberikan kepada 200 anak yatim piatu, masing-masing tempat 100 orang. Sumbangan itu berupa sembako, makanan siap saji, uang tunai untuk panti dan anak yatim.

“Melalui acara ini, kami berharap dalam jangka pendek dapat menikmati kebahagiaan. Apapun yang kita berikan itu, bisa diterima senang hati, baik penerima maupun yang memberi, dapat saling mengisi kebahagiaan,” kata dia,” katanya disela kegiatan.

Namun, lanjut Oscar, dalam jangka panjang, saya berharap bisa memberikan motivasi bagi anak-anak panti asuhan untuk semangat belajar dan mencari pengetahuan dan wawasan baru.

Beberapa panitia berfoto bersama anak Panti Asuhan Rumah Piatu Muslimin, Jakarta Pusat.

“Kebetulan saya juga tumbuh besar di kalangan panti, meskipun tidak di dalam panti, panti asuhan dari kecil sudah menjadi bagian saya,” jelasnya.

Oscar menjelaskan saya harap mereka tidak pernah berhenti belajar dan terus mengasah potensi yang ada, karena mereka juga bisa memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki taraf hidup yang baik. Dan, belajar tak hanya di dalam kelas, tapi juga bisa cari pengetahuan dan wawasan baru di luar kelas.

“Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja keras, Pak Sinurat dan Pak Irham yang sampai tengah malam mempersiapkan acara ini di dua tempat berbeda sehingga berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Salah satu panitia M. Irham berikan donasi kepada anak Panti Asuhan Anak Putra Utama 1.

 

Ketua Panitia Alamsyah Sinurat mengunkapkan dipilihnya panti asuhan untuk sumbangan bakti sosial kali ini karena setiap tahun tema perayaan Idul Fitri berbeda-beda.”Tahun ini kebetulan kita pilih panti asuhan, namun setiap tahun tema bakti sosialnya bisa berubah-ubah, bisa juga nanti panti wreda,” kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan acara sumbangan bakti kali ini merupakan rangkaian perayaan Idul Fitri.”Puncak perayaan Idul Fitri yakni silaturahmi dan halal bihalal akan digelar pada Jumat (3/6) mendatang,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Panti Asuhan Anak Putra Utama 1 Adji Antoko menyatakan terimakasih kepada rekan-rekan IKAPI yang sudah berbagi dalam rangka idul fitri dan ini sangat membantu sekali untuk anak-anak.

Pengurus IKAPI berfoto bersama anak-anak Panti Asuhan Rumah Piatu Muslimin, Jakarta Pusat.

“Panti kami adalah panti pemerintah provinsi DKI Jakarta, dimana panti ini adalah untuk menangani anak-anak yang tidak mampu dan terlantar semua anggaran diberikan oleh Pemprov. Saat terdapat 180 anak yang terbagi di dua tempat yakni Klender 100 anak dan Duren Sawit 80,” terangnya.

Adji mengukapkan namun dengan tambahan bantuan dari rekan-rekan ini, pastinya akan bertambah manfaat karena bantuannya diterima langsung oleh anak-anak. Apalagi cerita dari Pak Oscar tadi sangat menginspirasi anak-anak, dan biasanya mereka tanya kepada kami mengenai tamu-tamu yang sudah hadir.

“Setiap tamu yang hadir pasti selalu memberikan inspirasi kepada anak-anak dan berpesan agar mereka giat belajar. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada IKAPI semoga semakin sukses, jaya dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” ungkapnya.

Ikapi merupakan suatu organisasi profesi kurator dan pengurus yang terdaftar pada Direktur Jenderal Bina Kesatuan Bangsa, Kemendagri, pada 6 Maret 2002.Saat ini jumlah anggota Ikapi mencapai sekitar 1.500-an orang.