DAERAH  

Pengawasan Keimigrasian, Ini Tanggapan Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak

Biak, Nusantarapos – Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Oky Syachputra yang didampingi oleh dua orang staf seksi intelijen Kantor Imigrasi Kelas II Biak melakukan pegecekan terhadap WNA, Selasa (31/05/2022).

Saat di konfirmasi Oky Syachputra mejelaskan bahwa, “Kami mendapatkan informasi adanya kapal Yacht yang masuk ke wilayah Biak yang dinahkodai oleh pasangan suami istri Warga Negara Asing asal Selandia Baru dan Amerika Serikat yang bernama Alan Paul dan Yana Vladimirovna masuk melalui pelabuhan ikan Biak, ” ujarnya.

“Dilakukan pengecekan yang dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian ditemukan bahwa dokumen keimigrasian yang bersangkutan sesuai dengan pemberian izin tinggalnya dan izin tinggal yang bersangkutan masih berlaku.

“Kemudian diketahui bahwa maksud dan tujuan kedua orang pasangan suami isteri WNA
bersandar di Pelabuhan Ikan Biak adalah untuk pengisian bahan bakar dan pembelian perbekalan dan permohonan izin bertolak setelah melakukan perjalanan dari Kepulaan Bangka Belitung hendak menuju Papua New Guenea, ” ucapnya.

“Oky menambahkan, kami berserta tim
mengarahkan kedua WNA tersebut menuju seksi Lalintalkim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak untuk mengurus permohonan izin bertolak keluar wilayah Indonesia.

Ada momen lucu yang terjadi pada saat Kasubsi Inteldakim melakukan pengawasan
lapangan terhadap terhadap WNA tersebut, yaitu kehadiran WNA asal Selandia Baru yang tentu saja berasal ciri ras Kaukasia dengan diri kulit putih rambut pirang menjadi pusat perhatian anak-anak kecil yang sedang menghabiskan waktu untuk bermain dan berenang disepanjang pelabuhan pasar ikan sementara orang tua-tua mereka berjualan di pasar tersebut.

“Melihat antuliasme mereka yang sangat besar Kasubsi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Iky Syachputra berinisiatif untuk mengajak anak-anak tersebut berfoto bersama ditengah perbincangan santai beliau dengan Alan Paul WNA asal Selandia Baru tersebut, ” imbuhnya.