Wakapolda Papua Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Cartenz-2022

Jayapura, Nusantarapos – Dalam rangka tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto pimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Cartenz 2022 yang bertempat di Lapangan Apel Mapolda Papua, Senin (13/06).

Pada kesempatan itu, Wakapolda Papua mengatakan dalam apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Cartenz-2022 Polda Papua dengan tema “tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa” dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Kita menyadari, bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak bisa berdiam diri, bahkan kita wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif serta perlu adanya kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait dengan partisipasi masyarakat dalam mendukung kamseltibcarlantas,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan pada pelaksanaan operasi semua personil yang terlibat agar tetap melakukan tindakan yang simpatik dan humanis serta tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung pola gakkum lantas.

“Adapun target Operasi Patuh Cartenz-2022 ada empat hal yaitu, memutus penyebaran corona virus disease-19 (covid-19), berkurangnya jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pada pelaksanaan Operasi Patuh Cartenz Tahun 2022 kali ini, diprioritaskan kegiatan dikmas lantas yang mampu mewujudkan rasa tertib berlalu lintas secara permanen namun tidak instan, dalam arti diharapkan masyarakat bisa melaksanakan disiplin berlalu lintas tidak hanya bila ada petugas polantas namun tetap disiplin berlalu lintas walaupun tidak ada petugas.

“Adapun cara bertindak dalam Operasi Patuh Cartenz Tahun 2022, antara lain lakukan sosialisasi melalu media online maupun media cetak, pelaksanaan giat dilakukan secara simpatik pesuasif dan humanis, kegiatan preventif berupa turjawali, pengawasan dan pengendalian, pengaduan masyarakat, dan pelayanan masyarakat dan kegiatan penegakan hukum pelanggaran lalu lintas yang berpotensi kecelakaan lalu lintas,” tutup Wakapolda Papua.