TMMD  

Di Lokasi TMMD Pemalang Terkenal Bendung Kaliwadas

Pemalang – Bendungan atau Bendung Kaliwadas terletak di Desa/Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan Barat, namun sebagian sisi lainnya juga terletak di Dusun Kaliwadas Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang Timur. Luas areanya mencapai 7.548 hektar dan mampu mengalirkan debit air normal 5.000 liter/detik.

Dibangun pada masa penjajahan Belanda, membendung Kali Layang atau Sungai Layangan bertipe bendung tetap dengan ketinggian mercu 90 meter, berada pada koordinat x : 109,48495 dan y : -7,0265. Sarana yang dikelola BBWS Pemali-Juana ini menjadi urat nadi pertanian dan perikanan di kedua kabupaten.

Publikasi TMMD Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang juga mengekspos segenap aspek masyarakat dan potensi wilayah desa sasaran TMMD, Desa Jatiroyom. Disini para wisatawan yang datang mayoritas adalah para pelintas Jalan Raya Provinsi Pekalongan-Purwokerto, yang melepas lelah beristirahat sambil menikmati kuliner lokal yang terkenal dengan pecak wader dan pecak belut khas Kaliwadas.

Diungkapkan Serka Aan Setyawan, Tim Jurnalis Publikasi TMMD bahwa masyarakat setempat di kedua wilayah, terkadang menggunakan bantaran sungai yang berpasir untuk bermain sepakbola. “Selain para pengunjung, aktivitas di Bendung Kaliwadas adalah para pemancing lokal maupun luar daerah. Semoga dengan tulisan ini, potensi keindahan lingkungan sungai dan kulinernya dikenal awam sehingga meningkatkan kesejahteraan para penggiat ekonomi.” (Aan Pendim Pemalang).