DESA  

Sentra IKM Slag Kendalsari Jombang, Tak Ada Kompensasi Buat Warga Terimbas

Nusantarapos, Jombang – Proyek Sentra Ikm Slag Alumunium Kendalsari, Kecamatan Sumobito Jombang tidak memberikan uang kompensasi untuk warga diutarakan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagrin) Kabupaten Jombang Hari Utomo.

Sempat beredar kabar dari Kepala Desa Kendalsari, bahwa pemberian ganti rugi kerusakan atas proyek Sentra IKM Slag Aluminium diberikan oleh Koperasi.

“Kompensasi yang diberikan kemarin itu bukan dari proyek, melainkan dari pribadi Koperasi, saya yang memintakan,” kata Kepala Desa Kemdalsari Mulyadi saat dikonfirmasi awak media, Rabu (22/6/22) lalu.

Hal tersebut bertentangan dengan pernyataan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang. Kepala Disdagrin Hari Utomo didampingi Isniyah mengatakan, bahwa yang membayar ganti rugi atas kerusakan yang ditimbulkan akibat proyek tersebut adalah kontraktor pelaksana, bukan pihak koperasi seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa, hal tersebut tidak benar.

“Uang ganti rugi yang membayar kontraktor, dan untuk Kompensasi itu memang tidak ada, memang dampak dari suatu pembangunan itu ya debu, kebisingan, itu sudah kita lakukan sosialisasi,” kata Hari Utomo kepada sejumlah wartawan, Senin (27/6/22).

Ia menyebut, untuk proyek sentra IKM Slag Aluminium di Kendalsari ini sebenarnya sudah dilakukan sosialisasi, sebelum dilelang sudah dilakukan sosialisasi juga kepada pemerintah desa beserta warganya. Tentunya, lanjut Hari, apapun yang menjadi permasalahan masyarakat harus diselesaikan agar tidak menjadi keluhan di kemudian hari.

“Pada saat lelang, pemborong itu harus menjaga aktifitasnya agar tidak menganggu lapangan, kalau terjadi kerusakan akibat proyek tersebut nanti ada upaya perbaikan lagi. Ini masih proses, dampak itu pasti ada di masyarakat. Minggu depan kita rapatkan lebih lanjut terkait masalah ini di lapangan,” tandasnya. (udn)