TMMD  

Satgas Kesehatan TMMD Pemalang Berikan Pelayanan Gratis

PEMALANG, Nusantara Pos.Com- Tim kesehatan yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa ke 104 Kodim 0711/Pemalang berikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sekitar sasaran Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Rabu (13/3/2019).
Keberadaan tim kesehatan sangat dibutuhkan dalam suatu operasi perang. Disamping sebagai pendukung keberhasilan, tim kesehatan juga mampu berperan dalam sisi kemanusiaan. Bahkan saking mulianya tugas tersebut, konvensi PBB bahkan tak memperbolehkan tim kesehatan untuk ditembak oleh pasukan lawan dalam medan pertempuran.Tim tersebut setiap hari siap memberikan layanan kesehatan bagi personel satgas TMMD maupun masyarakat umum.

“ Kami tidak meminta, namun namanya halangan akan datang kapan saja. Oleh sebab itu kami telah mempersiapkan petugas kesehatan di Poskotis siap 24 jam memberikan pertolongan pertama,” ungkap Pasiter Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Sarmin.

Walau bukan misi pertempuran, namun sebagai operasi militer selain perang tetaplah TMMD Reguler disimulasikan seperti perang di medan tempur. Sehingga jika ada personel maupun warga yang terluka maka pertolongan pertama dapat segera diberikan secara gratis. Keberadaan satgas kesehatan di Desa Jatiroyom rupanya mendapatkan apresiasi dan perhatian dari warga masyarakat, beberapa warga yang mendapatkan layanan kesehatan sebelumnya mengalami keluhan pusing-pusing, mual, batuk, pilek dan sakit pada persendian dan kebetulan langsung ditangani tim kesehatan.

Tampak Kopka Kirno anggota tim kesehatan melayani masyarakat di posko kesehatan melakukan pemeriksaan, memberikan obat, vitamin ataupun penanganan medis yang diperlukan, dan warga merasa terbantu dengan layanan yang diberikan oleh TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD.

Harapannya melalui pelayanan kesehatan gratis di TMMD 104 Jatiroyom TNI khususnya Kodim Pemalang akan selalu dekat dan dicintai rakyat, karena TNI berasal dari rakyat dan kembali untuk rakyat, serta untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,” jelasnya. (*).