Jelang Hari Anak Nasional, FSB UKI Selenggarakan ABK Kreatif Nasional

Jakarta, Nusantarapos – Fakultas Sastra dan Bahasa (FSB) dan UPT Golden Kids Universitas Kristen Indonesia (UKI) menyelenggarakan kegiatan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Kreatif Bersinar di Aula UKI Gedung AB Lantai 3, Jumat (22/7/2022).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional Tahun 2022 yang jatuh pada Sabtu 23 Juli 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Sastra dan Bahasa UKI Susanne A.H. Sitohang, S.S, M.A, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah wujud perhatian terhadap ABK.

“Anak berkebutuhan khusus agak marjinal ya, nggak terlalu diperhatikan. Meskipun mereka ABK tapi kita harus mengganggap mereka bagian dari kita, bagian dari UKI, dimasa depan bagian dari sastra juga, ” ujarnya.

ABK Kreatif Bersinar diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari Ralinala, Sekolah Kasih Bunda (Bekasi) dan Golden Kids UKI. Mereka hadir dengan didampingi oleh guru sekolah juga orang tua masing-masing.

Susanne juga menjelaskan, kegiatan ini diadakan demi membangkitkan nilai-nilai kemanusiaan mahasiswa UKI agar memiliki rasa solidaritas terhadap kaum ABK.

“Saya yakin, banyak sekali manfaat untuk mahasiswa itu sendiri, itu yang menjadi pemikiran kami. Saya yakin mahasiswa itu akan lebih besar lagi manfaatnya buat mereka untuk mengenali bahwa ada hal yang lain nih. Jadi nggak pikirin diri sendiri aja, tapi kita perkenalkan dengan berbagai wajah dunia, ” lanjutnya.

ABK Kreatif Bersinar diawali dengan dengan atraksi panggung boneka. Baru kemudian peserta melukis totebag dan kreativitas pembatas buku.

“Diawali panggung boneka dari FSB, kemudian kita langsung ke aktivitas. Aktivitas ada dua, utamanya itu mewarnai totebag, satu lagi pembatas buku. Polanya sudah disediain jadi mereka tinggal ngewarnain lagi. (Hasilnya) dibawa pulang, ” terang Kepala UPT. Golden Kids UKI adalah: Evi Deliviana, M.Psi., Psikolog.

Selain itu, peserta juga diberi kesempatan unjuk kemampuan dengan menyanyi dan menari bersama.

Evi melanjutkan, walaupun baru pertama kali diadakan, tak menutup kemungkinan ABK Kreatif Bersinar akan kembali digelar tahun depan oleh FSB UKI dan UPT Golden Kids.

“Mudah-mudahan menjadi kegiatan tahunan kami, ” pungkasnya.