DAERAH  

Trenggalek Kembali Terima Anugerah Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Kabupaten Trenggalek kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Apresiasi tersebut diberikan atas komitmen daerah dalam pemenuhan hak serta perlindungan terhadap anak.

Tahun iki predikat yabg disandang Trenggalek sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk kategori Nindya. Sebelumnya, Kabupaten Trenggalek juga pernah satu kali meraih kategori Pratama di tahun 2017, dua kali kategori Madya di tahun 2018 dan 2019.

“Pada tahun 2021 lalu, Trenggalek berhasil naik peringkat menjadi kategori Nindya, penghargaan ini merupakan yang kedua secara berturut-turut untuk kategori tersebut,” kata Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara, Sabtu (23/7/2022).

Mas Syah usai menerima penghargaan yang diserahkan Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center pada Jum’at kemarin mengucapkan alhamdulillah atas tercapainya predikat Nindya.

Pihaknya berharap ke depan bisa naik menyandang predikat Utama, tapi sekali lagi ini bentuk apresiasi untuk Dinas Sosial dan PPPA, semoga ini menjadi pelecut semangat untuk bisa lebih baik lagi.

“Upaya kedepan kami kuatkan pada kelembagaan meliputi perundang-undangan atau kebijakan dan persentase anggaran,” ucapnya.

Diimbuhkan Mas Syah, juga ditingkatkan pada jumlah program yang akan fokus pada Forum Anak, ketersediaan SDM yang mampu menerapkan hak anak dalam kebijakan, ketersediaan data anak terpilah, hingga keterlibatan lembaga masyarakat dan dunia usaha dalam memenuhi hak anak.

Sementara itu, klaster hak anak meliputi hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, kegiatan budaya, sampai perlindungan khusus.

“Indikator-indikator tersebut kemudian akan diturunkan dalam beberapa program dan pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya. (Rudi)