DAERAH  

Banyak Penumpang Beli Tiket Non Seat, Ini Penjelasan Capten Kapal KM Sinabung

Bitung, Nusantarapos – Kapal Pelni KM Sinabung yang tiba di Pelabuhan Bitung dengan jumlah penumpang yang sangat signifikan yaitu hampir mencapai 3000 tiba di pelabuhan bitung Selasa (25/07/2022).

Pantauan awak media penumpang yang berada di atas kapal KM Sinabaung sangatlah padat hampir mencapai 3000, dan turun di pelabuhan Bitung 542 penumpang, hal ini menjadi perhatian bagi calon penumpang yang akan naik dari pelabuhan bitung untuk menuju ke wilayah timur.

Dengan penumpang yang berjumlah hampir 3000 itu tandanya sudah melebihi standar (Over Capasitas) belum di tambah calon penumpang yang akan berangkat ke wilayah timur dengan jumlah 873 penumpang.

Capten Kapal KM Sinabung Agus S.R saat di sambangi oleh beberapa awak media di ruang Ajungan Kapal menjelaskan bahwa, “penyebabnya over capasitas di karenakan melonjaknya harga tiket pesawat sehingga mereka (penumpang) memilih lewat jalur laut melalui kapal KM sinabung, ” ucapnya.

Lanjutnya, “ada kemungkinan lonjakan penumpang di KM Sinabung akan sampai akhir bulan aguatus, di karenakan harga tiket pesawat menujuh arah timur belum stabil.

Saat di sentil soal banyak nya penumpang yang membeli tiket tapi cuma mendapatkan tiket Non Seat Capten Agus pun menjelaskan bahwa, “Untuk calon penumpang yang membeli tiket Non Seat berarti tidak mendapatkan tempat tidur, akan tetapi kata dia, dari pihak Pelni sudah menjelaskan kepada calon penumpang sebelum mereka membeli tiket Non Seat, “Kalau Non Seat artinya tidak dapat tempat tidur atau nomor ranjang, dan apa bila calon penumpang tidak setuju dengan Tiket Non Seat kami tidak paksakan, dan kalaupun sudah terlanjur memebeli tiket Non Seat maka uang tiket kami kembalikan 100%, ” jelasnya.

Agus pun menambahkan, “untuk calon penumpang yang Non Seat agar tidak mencari tempat tidur di samping – samping real dek 7 kapal, karena faktor cuaca yang buruk, kami tidak mau terjadi ada hal- hal yang tidak di inginkan.

“Untuk Faktor keselamatan penumpang kami utamakan tetap safety katanya,” Kami selalu ingatkan kepada penumpang yang tidur di real dek 7 agar masuk kedalam, dan sering petugas Satpam melakukan ronda keliling untuk memastikan keamanan dan Keselamatan penumpang di atas kapal, ” imbuhnya.