DAERAH  

Bupati Anna Dukung BPIP Menguatkan Ideologi Pancasila di Kabupaten Bojonegoro

Surabaya, Nusantarapos – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen memperkuat ideologi Pancasila yang menjadi dasar negara dan wawasan kebangsaan demi merawat tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Khofifah menyampaikan, bahwa pertemuan ini membahas koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan yang merupakan bagian dari tugas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang disinergikan dengan Pemprov Jawa Timur.

“Penguatan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan menjadi hal yang sangat penting di era negara demokrasi demi tegaknya negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini dan perlunya juga pemahaman dan standardisasi pendidikan dan pelatihan Pancasila secara menyeluruh kepada masyarakat,” kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya di gedung negara Grahadi Surabaya, Kamis (28/7/2022).

Gubernur Khofifah juga menyampaikan, kondisi yang ada di Jawa Timur, ia mengharapkan tercipta masyarakat ataupun organisasi masyarakat yang hidup berdasarkan hukum yang berlaku. Demikian juga diharapkan tidak ada pemikiran atau upaya disintegrasi bangsa.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama BPIP terkait Penguatan Ideologi Pancasila yabg dihadiri oleh hampir 200 anggota Jejaring Panca Mandala (JPM) Provinsi Jawa Timur dan JPM seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah juga menghadiri acara Penguatan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara BPIP dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan 38 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur. 

Bupati Anna, berkomitmen mendukung BPIP dalam upaya penguatan Ideologi Pancasila khususnya di Kabupaten Bojonegoro.

“Kami berkomitmen, mendukung penuh kegiatan BPIP terkait penguatan ideologi Pancasila terutama di Kabupaten Bojonegoro dengan menggandeng JPM yang ada di Bojonegoro dengan kegiatan yang positif, bermanfaat untuk generasi muda, cinta kepada bangsa dan negara,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan deklarasi yang dilakukan oleh Jejaring Panca Mandala (JPM) yang berikrar kebulatan tekat dalam mendukung Pembinaan Ideologi Pancasila di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur.

Deklarasi dilakukan di depan Kepala BPIP dan Gubernur Jawa Timur serta Bupati/Walikota se-Povinsi Jawa Timur. Jejaring Panca Mandala (JPM) adalah jejaring kolaborasi multi pihak yang mempertemukan lima unsur yaitu Pemerintah, Pelaku Usaha, Akademisi, Media, dan Organisasi Kemasyarakatan.

JPM diharapkan dapat mendukung upaya Pembinaan Ideologi Pancasila dan mendukung kelembagaan Pembinaan Ideologi Pancasila. BPIP mendorong terbentuknya Jejaring Panca Mandala di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembumian Pancasila.

Sementara itu, Alim Noor Faizin, salah satu peserta dari kabupaten Ponorogo berharap, dengan terbentuknya JPM yang menjadi kepanjangan dari BPIP, bisa menyampaikan program-program BPIP ke tiap-tiap daerah.

“Karena JPM ini sudah mencakup 5 unsur yg ada Unsur pemerintah, akademik, pelaku usaha, ormas, media.Jika ke 5 unsur ini betul-betul berkolaborasi dengan baik maka tugas JPM yang membumikan Pancasila akan berhasil, sesuai dengan harapan,” ucapnya.

Ia juga berharap, secara berjenjang juga mengalir dan bergerak bersama pemerintah daerah untuk membumikan nilai-nilai Pancasila. (Aryo)