DAERAH  

Hari Jadi Trenggalek Bakal Kedatangan Sri Sultan Hamengkubawono X

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin sowan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kunjungan Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek tersebut sebagai langkah menindaklanjuti rencana kehadiran Sri Sultan Hamengkubawono X pada perayaan Hari Jadi 828 Trenggalek.

Selain kehadiran pada perayaan hari jadi Trenggalek, upaya itu juga untuk melanjutkan rencana kerjasama kedua daerah tersebut pada sektor pengembangan budaya dan pemulihan ekonomi kedua daerah.

“Kami telah berkirim surat mengenai upaya pengembangan disektor budaya dan kebangkitan ekonomi,” kata Gus Ipin usai melaksanakan kunjungan, Senin (1/8/2022).

Permintaan Bupati Kabupaten Trenggalek sendiri telah direspon cepat oleh Pemerintah Provinsi DIY. Bahkan Ngarso Dalem Sri Sultan menyatakan kesediaannya hadir dalam peringatan Hari Jadi 828 Trenggalek.

Menurutnya, selain kehadiran sri sultan juga ada hibah budaya, mulai dari pementasan wayang orang, Workshop kebudayaan dari Pemerintah Provinsi DIY untuk Trenggalek. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Trenggalek karena bisa lebih mengenal budaya Mataraman.

“Lebih-lebih Trenggalek mempunyai kedekatan histori dengan Kerajaan yang ada di tanah jawa itu,” ucapnya.

Ditambahkan Gus Ipin, pihaknya juga telah menindaklanjuti rencana kerjasama antara Penerintah Kabupaten Trenggalek dengan Provinsi DIY. Khususnya untuk kemajuan kebudayaan, kemudian pemulihan dan kebangkitan ekonomi bersama-sama.

Salah satunya bertukar budaya untuk memperkuat budaya Mataraman karena kita satu rumpun. Khususnya dengan gaya Jogja untuk diperkenalkan kepada masyarakat Trenggalek.

Termasuk juga, Ngarso Dalem Gubernur juga akan datang memeriahkan hari jadi. Jadi pihaknya juga mengucapkan terima kasih karena undangan kami dijawab olehnya. Bahkan juga sempat memberikan masukan-masukan diantaranya KADIN antar 2 daerah ini nantinya bisa bertemu supaya lebih tajam mengakselerasi ekonomi.

Sedangkan dari sisi pemerintah kita lebih mendrive sisi kebijakan di semua sektor, tandasnya. Mendampingi suami, Novita Hardini membenarkan maksud kunjungannya bersama suami dan segenap delegasi yang mewakili Pemkab Trenggalek untuk sowan Gubernur DIY salah satunya terkait dengan kerjasama disektor ekonomi.

Kesamaan budaya tentunya akan modal bagi kedua daerah untuk bangkit dari keterpurukan pasca pandemi. Akan ada juga sebuah kolaborasi antara Kabupaten Trenggalek dengan Pemerintah DIY. Kolaborasi ini dalam hal pemberdayaan ekonomi di bidang UMKM. Semoga ini bisa berjalan dengan baik. (Rudi)