DAERAH  

Mengenai Pelaksanaan Sosialisasi M-Paspor, Ini Penjelasan Oky Syachputra

Biak, Nusantarapos – Dalam rangka kegiatan Hari Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ke 77, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi M-Paspor dan Layanan Paspor Masuk Desa / Pelayanan PACE PAPUA (Pelayanan Cepat Paspor Antar Pulau ) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire. 05 Agustus 2022

Kepala Subseksi Intelijen Dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 2 TPI Biak Oky Syachputra kepada awak media menjelaskan bahwa Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak Bapak Bangun Ibnu Setiaji.

Pelaksanaan Sosialisasi M-Paspor dilaksanakan pada tanggal 03 Agustus dan pemberi materi Bangun Ibnu Setiaji mengenai persyaratan pembuatan paspor dan memperkenalkan aplikasi M-Paspor, cara pengunduhan aplikasi dan cara penggunaan aplikasi M-Paspor.

“Sosialisasi dilanjutkan dengan kegiatan Layanan Paspor Masuk Desa / pelayanan PACE PAPUA yang dimulai dari proses pengambilan biometrik pemohon paspor mobile secara offline dan online, dengan jumlah pemohon yang terambil biometriknya sebanyak 26 (dua puluh enam) orang, ” ucap Oky.

Oky menambahkan, “Pada Hari ke dua tanggal 04 Agustus 2021 pengambilan biometrik Layanan Paspor Masuk Desa / pelayanan PACE PAPUA dilanjutkan kembali dan terdapat 33 (tiga puluh tiga) orang pemohon paspor yang telah dilayani.

“Tim melakukan cross check jumlah permohonan yang bertambah pada hari kedua, dan telah dilakukan perekaman biometrik pada tanggal 03 sampai dengan tanggal 04 Agustus 2020 terhitung total 59 (lima puluh sembilan) permohonan, yang dimana kebanyakan dari Permohonannya adalah untuk ibadah umroh dan wisata, ” ungkapnya.

Rencana Layanan Paspor Masuk Desa / pelayanan PACE PAPUA akan berlangsung sampai dengan hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2022.

“Perencanaan Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi M-Paspor dan Layanan Paspor Masuk Desa / pelayanan PACE PAPUA akan berakhir pada besok hari, ” tutup Oky.