Hari Pramuka ke-61, Pemkab Bogor Berikan Penghargaan Kepada Kwarcab Kabupaten Bogor

CIBINONG,NUSANTARAPOS,- Lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak tahun 1923. Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Gerakan Pramuka Indonesia 2022 yang berlogo pada tertuang di Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 tentang Tema dan Logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022.

Hal tersebut, seperti yang dilakukan oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menyerahkan tanda penghargaan kepada anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor, saat puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Bogor, di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Kamis (18/08).

Dari pantauan wartawan di lapangan, penghargaan tersebut diberikan kepada lencana Melati, Darma Bakti, Pancawarsa, dan Karya Bakti, serta dihadiri juga oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor, Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan se-Kabupaten Bogor, dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Dalam sambutan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso. Disebutkannya, tema utama Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa“. Tema ini menunjukan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. “Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama,” ujar Iwan.

Ia menambahkan, mereka siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita. “Saya mengucapkan terima kasih kepada para anggota yang telah mempercayakan anak-anaknya dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan pendidikan kepanduan yang kita cintai bersama,” ujarnya.(Rizky)