Rilis Ulang Video Klip Kota Mati, Noah Usung Teknologi Deep Fake

Jakarta, Nusantarapos – Noah merilis video klip terbaru berjudul Kota Mati. Lagu ini masuk dalam album Hari Yang Cerah (2022).

Konsep video klip yang disajikan Noah adalah prequel, dimana bagian akhir dari video Kota Mati (2022) merupakan bagian pertama dari video Tak Ada Yang Abadi (2008).

Ariel mengatakan, tak hanya video klip Kota Mati saja yang dibuat baru, tapi juga aransemen musiknya.

“Seperti lagu yang lainnya, kita kan lagi bikin Project merekam ulang lagu-lagu Peterpan. Ada beberapa yang dirubah aransemennya, ini kota mati termasuk yang dirubah. Awal 2008 (saat dirilis) kita tergesa-gesa, ada aransemen yang belum lengkap dan kota mati itu belum lengkap. Nah sekarang aransemennya kota mati sudah lengkap, ” ucap Ariel saat konferensi pers di XXI Djakarta Theater, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Tak hanya itu, Boril – sapaan akrabnya juga menjelaskan, “Kota mati kita bikin yang beda deh, jadi konsepnya ini prequel. Video klip Peterpan itu konsepnya bercerita. Nah, Kota Mati ini prequel dari Tak Ada Yang Abadi, ” lanjutnya.

Menurut Upi Guava selalu sutradara, teknologi yang dipakai cukup beragam, diantaranya ada deep fake, mesh tracking, dan XR virtual Productions. Ia membutuhkan sejumlah teknologi tersebut untuk menimbulkan kesan seperti di era “Tak Ada Yang Abadi”. Tekno deep fake digunakan supaya wajah Ariel bisa kembali seperti di era Peterpan dulu.

Sementara untuk model video klipnya Ladya Cheryl, pengambilan wajahnya menggunakan perangkat virtual dan ditempel dengan teknologi mesh tracking.

Perilisan video klip Kota Mati merupakan salah satu rangkaian menuju konser “Noah DekadeXperience”, sebuah show perjalanan 10 tahun Noah dalam berkarya di industri musik tanah air yang akan digelar 17 September 2022.

Wartawan: Arie Septiani