HUKUM  

Usai Terpilih Sebagai Ketua DPC Peradi Jaktim, Johannes Tobing Akan Jalankan Visi Misinya

Foto bersama Johannes L Tobing dengan tim suksesnya usai Muscablub Peradi Jakarta Timur.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Jakarta Timur telah berhasil melaksanakan musyawarah cabang luar biasa (Muscablub) di Gedung Mulia Raja, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022). Dari Muscablub tersebut terpilihlah Johannes L. Tobing sebagai ketua DPC Peradi Jakarta Timur untuk 5 tahun ke depan.

Ditemui usai pemilihan, Johannes L. Tobing mengatakan saya akan menjalankan sesuai dengan visi misi yang telah disampaikan saat pemilihan tadi, dimana salah satunya adalah membangun kantor sekretariat Peradi Jakarta Timur karena seperti yang kita ketahui bahwa kantor yang ada saat ini akan habis masa kontraknya selama 2 tahun lagi.

“Untuk membangun kantor sendiri bukanlah hal yang mustahil, terlebih kita saat ini ada sekitar 2.500 anggota Peradi sehingga memiliki kantor adalah suatu keharusan,” katanya.

Meskipun saat pemilihan sempat terjadi dinamika, Johannes mengganggap itu adalah hal yang luar biasa di dalam organisasi.”Saya anggap itu adalah hal yang biasa di dalam organisasi. Karena kita tidak bisa menciptakan semua orang yang hadir di sini harus satu pendapat, tapi apapun ceritanya itu saya tetap menghargai dan menghormati mereka,” ujarnya.

Johannes L Tobing berfoto bersama dengan pimpinan sidang Muscablub Peradi Jakarta Timur.

Untuk itu, lanjut Johannes, sesuai dengan amanat yang telah diberikan pada Muscablub ini, maka dalam waktu dekat saya akan rangkul mereka untuk menjalankan amanat ini secara bersama-sama. Meskipun tadi agak sedikit terpancing namun saya tetap menahan diri saat terjadi kekisruhan, bahkan ada yang sempat mengancam pimpinan sidang tapi saya anggap itu sudah berlalu.

“Yang lalu biarlah berlalu, kalau kita masih ada dendam ataupun kebencian maka akan menjadi tidak baik untuk sebuah organisasi. Apalagi dalam 60 hari ke depan saya diberikan waktu untuk menyusun kabinet, sehingga tidak bagus jika kita terlarut dalam sebuah dinamika,” ucapnya.

Johannes menjelaskan di dal susunan kepengurusan Peradi Jaktim nanti, saya berharap semua bidang bisa menjalankan program-program yang sudah saya rencanakan. Untuk itu saya berharap semua ketua bidang bisa bekerja sesuai bidangnya masing-masing.

“Jadi sudah waktunya kita bekerja untuk membanggakan Peradi, dan untuk melayani Peradi terkhusus untuk anggota Peradi Jakarta Timur. Supaya semua bidang bisa kerja tentunya kita harus punya kantor, jadi dalam waktu dekat ini kita harus cari kantor dulu supaya Peradi Jakarta Timur bisa punya kantor sementara,” tuturnya.

Johannes L Tobing berfoto bersama dengan peserta Muscablub Peradi Jakarta Timur.

Terkait iuran anggota, tambah Johannes, hampir semua organisasi memiliki iuran kepada anggota, meskipun dalam beberapa tahun ini kita lebih cenderung menggunakan uang sendiri untuk membangun organisasi tetapi ke depannya iuran itu akan dilakukan dengan sistem manajemen yang lebih rapih.

“Adapun iuran itu digunakan untuk mengantisipasi apabila ada anggota yang sedang sakit, terkena bencana ataupun bahkan meninggal dunia. Kalai kita tidak memiliki iuran lalu untuk kebutuhan itu semua harus dari mana ?  Sehingga iuran nanti datangnya dari kita dan untuk kita para anggota Peradi Jakarta Timur,” katanya.

Johannes mengungkapkan pada kesempatan ini saya juga mengajak kepada seluruh anggota, ayo kita sama-sama membangun Peradi karena organisasi ini adalah milik kita bersama. Apalagi periode kepemimpinan hanya 5 tahun, jadi kemungkinan di periode berikutnya akan digantikan selain saya.

“Karena organisasi ini adalah organisasi yang demokratis, meskipun ada dinamika itu hal yang biasa. Yang terpenting kita sama-sama ikut membangun Peradi, termasuk orang-orang yang kontra saat pemilihan tadi akan saya ajak untuk masuk di dalam struktur organisasi agar bisa membangun Peradi secara bersama-sama,” tutupnya.