DAERAH  

Trenggalek Torehkan Prestasi, Gus Ipin Terima Penghargaan Pembina Proklim Terbaik

Trenggalek, Nusantarapos – Torehan prestasi kembali diraih oleh Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, kali ini Bupati yang kerap disapa Gus Ipin tersebut mendapat penghargaan Pembina Proklim terbaik tahun 2022.

Penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Jatim itu diberikan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur di Jatim International Expo Surabaya, Senin (12/9/2022).

“Saya merasa beruntung karena memiliki masyarakat dan desa-desa yang suportif terhadap program lingkungan hidup,” kata Gus Ipin.

Dirinya juga menyebut bahwa Trenggalek mungkin menjadi satu-satunya atau salah satu daerah yang berhasil menerapkan transfer anggaran berbasis ekologi ke desa-desa.

Apalagi Trenggalek punya Adipura Desa, jadi di dalam Adipura Desa itu Pemkab memberi hadiah berupa bantuan keuangan khusus desa kepada desa-desa yang berhasil pro lingkungan.

Sehingga mudah bagi desa di Trenggalek untuk mendapatkan predikat Proklim karena Pemkab sudah mengawali yang namanya Adipura Desa. Misal salah satu desa yang saat ini menjadi konservasi penyu.

“Bagaimana di desa tersebut dulunya telur penyu diperjualbelikan, namun sekarang berhasil dikelola dengan baik,” tegasnya.

Telur yang menetas itu dijelaskan Gus Ipin dikembalikan ke habitatnya, sehingga diharapkan bio diversity di kawasan pesisir tersebut menjadi lebih alami.

Kemudian seperti yang disampaikan Ibu Gubernur, ekosistem itu penting, seperti hutan mangrove itu menghasilkan oksigen lebih besar dibandingkan kawasan hutan, itu juga perlu dijaga dengan lebih seksama.

Harapan kedepan semakin banyak desa yang ikut Adipura Desa, kemudian juga semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan sesuai dengan konstitusi bahwa Pemkab punya cita-cita melindungi segenap tumpah darah.

“Harapannya jika tumpah darah, bukan hanya hari ini kita bisa menikmati lingkungan hidup yang berkualitas,” terang Gus Ipin.

Bahkan menurut Gus Ipin, juga untuk generasi yang akan datang agar bisa merasakan lingkungan hidup yang lebih baik. Di samping penghargaan kepada bupati sebagai pembina Proklim terbaik, Kabupaten Trenggalek juga menerima tiga penghargaan lainnya.

Yakni, penghargaan Desa Proklim kategori utama kepada Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, SMAN 1 Pule sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim, dan penghargaan Desa/Kelurahan Berseri kategori madya untuk Desa Gading Kecamatan Tugu. (Rudi)