PPM DKI Jakarta Kecam Pernyataan Effendi Simbolon yang Menyamakan TNI Dengan Ormas

Ketua Mada PPM DKI Jakarta sekaligus Komandan Resimen IX Jaya Yudha Putra, M Taufik SA sedang berpose memegang tongkat komando.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Markas Daerah (Mada) Pemuda Panca Marga (PPM) DKI Jakarta mengecam dengan keras pernyataan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyamakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) seperti organisasi masyarakat (ormas).

Komandan Resimen IX Jaya Yudha Putra, M. Taufik SA. sedang berbaris bersama pasukannya.

“Kami mengecam dan menolak pernyataan yang dilontarkan oleh Effendi Simbolon terkait menyamakan TNI dengan gerombolan ormas. Akibat pernyataan anda telah melukai dan melecehkan kehormatan dan wibawa TNI,” kata Ketua Mada PPM DKI Jakarta M Taufik SA di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Lebih lanjut Taufik mengatakan TNI merupakan keluarga besar kami, sehingga marwah dan martabatnya harus tetap ditegakkan. Jika ada yang merendahkan TNI maka kami tidak akan terima siapapun itu orangnya.

Foto bersama jajaran Pemuda Panca Marga usai melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

“Apalagi setahu saya Effendi Simbolon adalah anak kolong (keturunan anggota TNI), harusnya dia lebih bisa menjaga marwah dan martabat TNI jangan justru mengecilkan TNI dibawah komando Jenderal Andhika Perkasa,” ujarnya.

Taufik yang juga Komandan Resimen IX Jaya Yudha Putra menjelaskan Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa pasti tahu bagaimana cara memimpin seluruh pasukannya, jadi tidak perlu anda ajari bagaimana cara memimpin pasukan.

Komandan Resimen IX Jaya Yudha Putra, M. Taufik SA. sedang memberikan arahan saat akan melakukan upacara penghormatan kepada para pahlawan di Makam Pahlawan Nasional Kalibata.

“Untuk itu saya rasa ucapan anda perlu dicabut dengan meminta maaf kepada TNI, jika tidak maka kami akan melaporkan anda kepada Majelis Kehormatan Dewan (MKD) agar bisa memberikan sanksi tegas. Karena apa yang diucapkan oleh Effendi keliru, TNI ialah alat negara yang memiliki struktur dan tugas pokok yang diatur undang-undang,” tutupnya.

Sebelumnya saat rapat dengar pendapat (RDP) di DPR pada Senin (5/9) kemarin, Effendi Simbolon yang merupakan politikus PDI Perjuangan itu menyebut TNI seperti gerombolan dan organisasi masyarakat (ormas).