Malam Puncak 25th AMI Awards 2022 Tayang Pada 13 Oktober

Jakarta, Nusantarapos – Anugerah Musik Indonesia / AMI Awards sebagai ajang penghargaan industri musik paling prestisius di Indonesia, tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-25 kalinya, artinya AMI Awards sudah mencatat sejarah perjalanan musik Indonesia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Antusiasme musisi dengan AMI awards tahun ini sudah dimulai sejak dibukanya pendaftaran lagu secara online di tanggal 17 Mei 2022 yang lalu, terus berlanjut hingga ke akhir penutupan pendaftaran di 09 Juli 2022. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dari para label, musisi dan artis yang memiliki daya kreatifitas tinggi dengan semangat merilis karya terbaru dan menyediakan waktunya untuk mendaftarkan karya terbaiknya tersebut ke Anugerah Musik Indonesia tahun ini.

Total sebanyak 4156 lagu yang terdaftar tahun ini , berupa Karya Produksi single ataupun album yang di rilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2021 – 30 Juni 2022 , menandakan bahwa dalam kondisi apapun semangat daya kreatifitas para musisi tetap membara demi berlangsungnya Industri Musik Indonesia selanjutnya. Sesuai dengan tema Anugerah Musik Indonesia tahun ini yang selaras dengan Presidensi G20 “Recover Together, Recover Stronger Through Music”.

Dari hasil Sidang kategorisasi AMI yang berlangsung di tanggal 18 – 29 Juli 2022 dilakukan secara offline dan online, menghasilkan jumlah kategori di AMI tahun ini adalah 57 Kategori dengan penambahan dan penyempurnaan beberapa kategori baru antara lain :

Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik
Duo/Grup/Kolaborasi R&B Kontemporer Terbaik
Artis Solo Pria/Wanita Rap/Hiphop Terbaik
Duo/Grup/Kolaborasi Rap/Hiphop Terbaik
Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik
Album Metal Terbaik

Pengumuman Nominasi 25th AMI Awards 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 14 September 2022, pukul 14.00 – 17.00 WIB dan bisa disaksikan melalui live streaming di RCTI+ dan Youtube Channel RCTI – Entertainment. Acara ini akan dihadiri oleh para Ketua Umum AMI, Direktur RCTI, Artis pengisi acara : Soundwave, Daun Jatuh, Fabio Asher dan Media.

“Musik Indonesia adalah anugerah dari Yang Maha Esa. Penghargaan yang diberikan kepada insan musik, atau AMI Awards, menurut observasi saya sudah memiliki brand tersendiri, dimana musisi yang menerima piala AMI selain merasa senang juga bangga serta terhormat mendapatkan anugerah tersebut, kita harus mempertahankan hal itu; termasuk mempertahankan independensi-nya, pemilihan yang berdasarkan kualitas, bukan semata-mata hanya popularitas saja tapi tetap kualitasnya juga harus dipertahankan supaya yang menerima piala AMI menjadi semakin bangga,” ujar Candra Darusman – Ketua Umum AMI, melalui Siaran Pers yang diterima redaksi Nusantarapos, Kamis (15/9/2022).

Malam puncak 25th AMI Awards 2022 tayang di RCTI pada 13 Oktober 2022 pukul 21.30 WIB akan dikemas dengan sangat menarik dan pastinya meriah karena akan diadakan di salah satu studio terbesar, tercanggih di Asia dengan fasilitas yang terintegrasi, yakni Studio RCTI+. Tampilan dari panggung yang megah dan juga tata lampu yang menawan pastinya akan memanjakan mata para pemirsa yang menyaksikan.

“Sebagai televisi home of awarding, RCTI selalu berkomitmen untuk mendukung segala bentuk penghargaan kepada dunia industri kreatif, seperti halnya industri musik. Oleh karena itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi RCTI di tahun ini, kembali manayangkan AMI Awards yang ke-25. Program penghargaan yang sudah dinanti-nantikan oleh pemirsa, khususnya pecinta musik. RCTI juga telah melakukan berbagai persiapan serta konsep produksi yang menarik demi terciptanya sajian tayangan yang berkualitas acara puncaknya nanti. Kami ucapkan selamat menyaksikan malam puncak penghargaan AMI Awards ke-25,” kata Tiurma Imelda Sinaga selaku Head of Production Operation RCTI.