DAERAH  

Fraksi DPRD Trenggalek Tanggapi Nota Keuangan RAPBD 2023

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Fraksi-Fraksi di DPRD Trenggalek menyampaikan pemandangan umum terhadap penghantaran atau penjelasan Bupati Trenggalek tentang Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2023.

Dalam penjelasan fraksi mengenai proporsi alokasi anggaran prioritas penanganan terkait kesehatan, penanganan dampak perputaran ekonomi pasca wabah pandemi covid-19. Selain itu juga ada kritik atas besarnya beban pada APBD di tahun 2023 dan masih banyaknya insfratruktur yang perlu dibenahi.

“Seluruh fraksi di DPRD telah menyampaikan saran, masukan, harapan juga himbauan atas nota APBD Bupati tahun 2023,” Kata Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam, Senin (26/9/2022).

Dijelaskan Samsul, penyempurnaan dalam pembahasan harus menjadi prioritas. Dengan adanya pandangan dari seluruh fraksi yang berbeda namun semua tujuan sama untuk membangun Trenggalek di tahun depan dengan berpihak kepada masyarakat.

Terutama peningkatan program atau kegiatan yang lebih baik lagi. Khusus fraksi PKB sendiri menyampaikan terkait peningkatan anggaran BOS Madin. Mengingat, saat ini pandemi Covid-19 sudah berakhir.

Sedangkan pads fraksi PDI-Perjuangan meberi saran agar pemerintah daerah lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada. Serta menyampaikan permasalahan tentang RTRW yang saat ini belum diketahui kejelasannya.

“Peningkatan pendapatan yang harus digenjot ada pada sektor pariwisata, perikanan, pertanian dan pendapatan investor,” ungkapnya. (Rudi)