banner 970x250
DAERAH  

Terkikisnya Demokrasi, Ketua KNPI Jombang Serukan Sepuluh Pemuda Mampu Guncang Dunia

Jombang, Nusantarapos.co.id – Fansah Adila sebagai Ketua DPD KNPI Jombang serukan Sepuluh Pemuda Mampu Guncang Dunia untuk memulihkan Demokrasi di Indonesia yang mulai terkikis.

Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Indonesia (DPD KNPI) Jombang menggelar Musyawarah Daerah (Musda) dengan mengusung tema ”Realisasi Sepuluh Pemuda.” tepat pada Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10) kemarin di gedung pertemuan Husni Kamil Manik milik KPU Jombang.

Sejumlah kegiatan sidang pleno digelar dengan dibagi menjadi empat sesi dengan diikuti oleh perwakilan dari Organisasi Kepemudaan (OKP) Cipayung, Relawan Pejuang Demokrasi (REPDEM), Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) serta berbagai organisasi kepemudaan lainnya.

Hasil Musda KNPI Jombang menetapkan Fansah Adila S.Pd., M.Kes sebagai ketua DPD KNPI Jombang periode 2022/2025. Dalam pidatonya, dia menyampaikan bahwa Adagium Presiden Pertama RI Soekarno, tentang sepuluh pemuda yang mampu mengguncang dunia, bukan hanya kidung harapan yang utopis, pemuda adalah tesis yang selalu ber-dialektika dengan kenyataan.

“Realisasi adalah bentuk upaya dari dialektika pada realitas, dalam kesempatan ini mari kita bangkit untuk memulihkan Demokrasi yang mulai terkikis oleh kerasnya Politisasi para elit Politik,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, Ketua DPD Provinsi Jawa Timur KNPI Himawan Probo Pamungkas, Wabup Sumrambah, Kepala Disporapar Bambang Nurwijanto, serta perwakilan dari Kodim 0814 dan Polres Jombang.

Haris Pertama selaku Ketua Umum KNPI dalam sambutannya menyatakan-“Musda yang digelar oleh DPD KNPI Jombang adalah satu-satunya yang resmi dan diakui oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP),” tegasnya. Dia juga menyerukan himbauan kepada seluruh organisasi kepemudaan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Jombang agar mengambil sikap independen dalam kontestasi politik 2024 nanti, dan bukan bersikap netral.

“Tema yang diusung sangat sesuai, sebab banyak tokoh besar berasal dari Jombang, maka untuk realisasi sepuluh pemuda, bukan sesuatu yang mustahil,” imbuhnya.

Kegiatan Musda diakhiri dengan acara ramah tamah di kantor sekretariat DPD KNPI Jombang Jl. Patimura Gang III, Sengon, Jombang.