DAERAH  

Atas Pelimpahan Berkas Asal Kejari, Inspektorat Jombang Mulai Intens Audit 2 Perumda

Jombang, Nusantarapos.co.id – Usai dilimpahkannya berkas Pulbaket 2 Perumda yang dilakukan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jombang kepada pihak Inspektorat, kini pihak Inspektorat melakukan Audit secara Intens.

Bermula atas dugaan Tindak Pidana Korupsi terselebung di tubuh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Panglungan Wonosalam dan Aneka Usaha Seger Kabupaten Jombang. Dugaan itu bermunculan ke publik, lantaran sempat ditemukannya tumpukan ribuan Obat Kadaluarsa saat dilakukan sidak oleh Ketua DPRD Kabupaten Jombang di Perumda Aneka Usaha Seger, dan juga ditemukannya PAD Perumda Perkebunan Panglungan yang terkadang minim hingga sempat Nihil.

Eko Prasetyo Inspektur Pembantu Bidang Investigasi Inspektorat Jombang mengatakan, pihaknya hari ini terjadwalkan ke Perumda Perkebunan Panglungan Wonosalam. “Ya hari ini teman-teman ada jadwal ke Panglungan mas,” ujarnya via Whatsapp Senin (3/10/22).

Perlu diketahui, sebelumnya tim investigasi wartawan sudah mencari dari beberapa sumber warga sekitar Perumda Perkebunan Pangkungan Wonosalam. Sempat dibeberkan oleh beberapa warga, bahwasanya tidak mungkin PAD Perumda itu sampai Minim apalagi Nihil, karena warga sangat tahu betul luasan kurang lebih 100 hektar yang dimiliki Perumda Perkebunan Panglungan itu sangatlah banyak hasilnya, mulai dari tanaman cengkeh, kopi hingga sekitar 30 hektar juga disewakan kepada warga.

Untuk informasi dari warga itu pihak Inspektorat Kabupaten Jombang menerima dan nantinya akan menjadi bahan tambahan untuk melakukan audit. “Siap dan Terimakasih Mas, nanti akan menjadi masukan buat teman yang melakukan audit,” imbuh Eko Prasetyo.

Namun kendati demikian, saat ditanya lebih lanjut terkait apa saja temuan dari audit 2 Perumda sejak dilimpahkan Kejari Jombang Bulan Juli lalu, pihaknya belum menjawab. “Nanti kita evaluasi hasil di lapangan dulu mas,” pungkasnya. (udn)