DAERAH  

Pencinta Ayam Kate Bogor Gelar Ajang Kontes Pakbos Cup 1

BOGOR, NUSANTARAPOS – Kembali digelar ajang sillaturrahiim para pencinta ayam kate. Ayam Kate Indonesia terus memberikan kontribusi yang besar dalam pelaksanaan kegiatan kontes ayam kate di berbagai daerah. Kali ini Kota Bogor menjadi tuan rumah yang terhimpun dalam Pencinta Ayam Kate Bogor dan sekitarnya menggalar ajang kontes Pakbos Cup 1 yang merupakan Hut Pakbos yang ke -2.

Kontes ayam kate ini sering di selenggarakan melalui berbagai komunitas yang ada di daerah di Indonesia, hal ini membuktikan dan mengedukasi pencinta unggas yang terkenal sangat lucu dan ceper.

“Keistimewaan ayam kate terlihat dari bentuk tubuh, warna, memiliki ekor yang menjulang dan komposisi tubuh yang proposional, demikian sekilas gambaran ayam kate juga dibahas dalam diskusi edukasi Kontes Pakbos Cup 1 yang menghadirkan narasumber berkompeten dibidangnya antara lain Odenx selaku pencinta unggas dan juga Ketua Umum Komunitas Ayam Kate Indonesia (KAKI), Roby Pakhoy selaku Ketua Komunitas Ayam Pakoy dan Drh Patriantariksina Kepala Dinas Peternakan Kota Bogor, GOR Padjajaran Kota Bogor, Dalam siarannya, Minggu (2/10/2022).

Odenx mengungkapkan, disaat era pandemi para penghobi ayam hias menghentikan untuk mengadakan kegiatannya, tetapi para penghobi ayam kate tetap melaksanakan dan terus berinovasi serta kita tetap menggelar secara virtual dan kita pun tidak akan mati gaya.

“Gelar kegiatan ayam kate ini paparan yang disampaikan bisa diserap masyarakat luas sejalan perkembangan zaman dan teknologi bisa mengedukasi ayam yang unik ini agar tidak punah tergerus oleh berjalannya waktu,” ujarnya.

Menurutnya, Perkembangan saat ini ayam kate semakin banyak diminati, dinikmati dan juga mempunyai kualitas harga yang luar biasa. Harga ayam kate 7 juta rupiah bisa dikatakan dengan spek masuk kategori kontes dan juga belum juara harganya ini bisa sangat menggiurkan dan terbukti ayam kate mempunyai pilihan yang berkualitas melalui proses yang panjang. Spek ayam kate ini jadi semakin tahu, semakin dinikmati, diminati dan menjadi acuan harganya pun dapat menungkat fantastis.

Intinya, jangan malu lah untuk pelihara ayam kate, karenaya sekarang harganya sudah meningkat tajam, tentunya ada kebanggaan tersendiri pelihara ayam kate.

Anakan ayam kate harganya bekisar mulai dari 200 ribuan, dan ini bukan merupakan patokan harga ayam kate. Hobi ini tidak berdasarkan dengan patokan harga.

Gelar acara ayam kate saat ini kegiatannya dari berbagai komunitas, untuk tahun ini sudah dikatakan full dalam rangkaian jadwal dari berbagai komunitas di Pulau Jawa yang dalam waktu dekat ini yang akan dinanti di Kota Garut. Dibulan November ada di Sukabumi dan Surabaya dan diakhir tahun, Desember rencana di Bandung serta Bekasi.

Dengan kebersamaan ini serta menjalin sillaturrahiim tentunya para penggemar ayam kate tidak bisa dengan sendiri-sendiri, namun melalui kebersamaan itulah berharap para penggemar dan pencinta ayam kate dapat bersatu dan bergerak bersama-sama dalam melestarikan kearifan lokal milik bangsa Indonesia sebagai pelestari alam ragam hayati yang terkandung di dalamnya untuk bersama dan bergandengan melestarikan unggas endemik asli Indonesia,” Pungkasnya. (Guffe).