HUKUM  

Resmi Dilantik, 80% Pengurus DPC Peradi SAI Jakarta Selatan Merupakan Advokat Muda

Ketua Umum DPN PERADI SAI Juniver Girsang sedang memberikan pataka kepada Ketua DPC Peradi SAI Jakarta Selatan Sahat Tamba saat pelantikan pengurus DPC Peradi SAI Jakarta Selatan.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi SAI (Suara Advokat Indonesia) Jakarta Selatan dibawah pimpinan Sahat Tamba resmi dilantik di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jumat (7/10/2022) malam. Sahar dan jajarannya dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI), Juniver Girsang.

Usai pelantikan Ketua DPC Peradi SAI Jakarta Selatan Sahat Tamba mengatakan program kita dalam waktu dekat yakni akan melakukan rekruitmen advokat, kita akan melakukan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) bagi sarjana hukum yang baru lulus atau yang setara dengan itu nanti akan kita rekrut supaya menjadi advokat.

“Setelah melakukan PKPA biasanya ada Ujian Profesi Advokat (UPA), nanti dari itu apabila dia sudah memenuhi syarat salah satunya magang 2 tahun maka akan dilantik di wilayah di DKI Jakarta,” katanya.

Ketua DPC Peradi SAI Jakarta Selatan Sahat Tamba mengibarkan pataka.

Sahat menjelaskan di kepengurusan DPC PERADI SAI ini pengurusnya muda-muda, dimana mereka masih kreatif dan bersemangat dalam berorganisasi. Hampir 80% pengurus di sini adalah advokat – advokat muda, jadi yang senioran itu hanya di ketua, sekretaris dan bendahara.

“Sementara untuk ketua – ketua bidang memang kita ambil yang masih muda-muda, meskipun begitu mereka sudah terbiasa berorganisasi jadi sudah cukup paham. Sebagai advokat muda atau milenial, secara teknologi mereka memang jauh lebih menguasai contohnya dalam acara ini mereka membuat acara jauh lebih canggih dari biasa-biasanya karena dibuat milenial,” ujarnya.

Terkait dengan keistimewaan yang diberikan oleh ketua umum Peradi SAI, Sahat mengungkapkan kemungkinan karena sejak 2018 itu karena kami paling banyak melakukan kegiatan. Mulai dari PKPA, ujian, sumpah sehingga anggota yang ada di sini ada sekitar 1.200 lebih dari 2018 sampai saat ini.

Ketua DPC Peradi SAI Jakarta Selatan Sahat Tamba saat diwawancarai awak media usai pelantikan.

“Jadi itulah kemungkinan yang dinilai DPN terhadap Jakarta Selatan menjadi sedikit lebih spesial. Dengan adanya sanjungan itu tidak akan menjadi beban bagi kami, karena sebagai pengurus sudah harus siap semuanya ke depannya untuk merekrut anggota lebih banyak dari sebelum-sebelumnya dan itu tidak menjadi beban buat kita,” ucapnya.

Menurut Sahat justru itu akan menjadi penyemangat buat kita, dimana 4 tahun lalu kita punya anggota 1.200 dan untuk 8 tahun berikutnya paling tidak punya anggota sampai 5.000. Ke depannya mungkin orang sudah semakin bijak, dimana bisa memilih mana yang baik dari yang terbaik.

“Untuk mencapai target yang kita mimpikan, maka kami juga bekerjasama dengan beberapa universitas, diantaranya Universitas Attahiriyah dan juga Universitas Pelita Harapan. Untuk di Pelita Harapan baru tahun ini adakan kerjasama sehingga baru sekali dilakukan ujian,” tuturnya.

Meskipun demikian, tambah Sahat, kami bertekad untuk menciptakan advokat yang berkualitas. Untuk menciptakan itu maka kami akan semakin meningkatkan pendidikan calon advokat yang tergabung bersama kami ini.

Foto bersama usai pelantikan DPC Peradi SAI Jakarta Selatan.

“Selain pendidikan, maka juga akan meningkatkan calon advokat saat magang. Untuk itu kami kita akan mengarahkan kepada mentor – mentor yang lebih berkualitas supaya ketika menjadi advokat nantinya akan lebih baik dan berkualitas,” tutupnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kapolres Metro Jakarta Selatan, dan Walikota Jakarta Selatan.

Sementara Ryan kurniawan selaku wakil ketua DPC PERADI SAI Jakarta Selatan periode 2022-2026, menyampaikan wujud komitmen dan tanggung jawab DPC Peradi SAI Jakarta Selatan akan selalu konsisten dan selalu menjaga marwah organisasi dengan menjunjung tinggi kredibilitas dan integritas.

“Kami juga akan bekerja sama secara sinergis dengan lembaga Penegakan Hukum (Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Badan Peradilan yang merupakan penyelenggara peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia) serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para anggota DPC PERADI SAI Jakarta Selatan,” paparnya.