Perkuat Komitmen Serta Wawasan, Pemkab Jombang Buat Workshop SPBE

JOMBANG,NUSANTARAPOS,- Pemerintah Kabupaten Jombang berkomitmen terhadap pencapaian Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), hal itu diwujudkan dengan melaksanakan Workshop Penguatan Komitmen dan Wawasan.

Melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang, Pemkab Jombang menyelenggarakan Workshop Penguatan Komitmen dan Wawasan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Erawan Dharma Ballroom – Royal Tulip Hotel Surabaya, (7-8/10/22).

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab yang hadir secara khusus pada Sabtu (8/10/22) pagi, bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menyampaikan, bahwa salah satu faktor penting yang menentukan kemampuan beradaptasi atas perubahan zaman dan tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam kaitannya dengan transformasi digital adalah pemanfaatan teknologi digital.

Tampak hadir mengikuti Workshop Penguatan Komitmen dan Wawasan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Jombang diantaranya Staf Ahli, para Asisten juga Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang bersama seluruh peserta dari masing masing OPD.

Dikatakan Bupati Mundjidah Wahab, apabila kapasitas pemimpin di instansi pemerintah dapat menjadi digital leader dan mampu menginisiasi serta mendorong perubahan menuju transformasi digital, maka diharapkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing dapat terwujud. “Digital leader harus mampu menggunakan aset digital untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat. Selain itu, digital leader harus mampu berinovasi dan berkolaborasi dengan unsur-unsur organisasi atau stakeholder lainnya untuk menemukan solusi”, tuturnya..

Ia juga mengajak para Kepala OPD serta peserta yang hadir untuk berusaha dan ikhtiar meneladani sifat wajib Rasulullah SAW. Shiddiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), dan Fathonah (cerdas). “Sifat ini adalah teladan yang baik yang tidak mudah untuk dilakukan namun, kita harus terus berupaya, ikhtiar untuk melaksanakannya dalam hidup keseharian kita,” ungkapnya.

Digital leader juga punya tanggung jawab dalam membimbing dan menginisiasi rekan kerjanya, agar dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka mewujudkan transformasi digital. “Capaian nilai SPBE harus terus diupayakan semakin meningkat, ini merupakan tantangan dan permasalahan vital bagi pemerintah daerah Kabupaten Jombang untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional. Guna mendukung visi Kabupaten Jombang mewujudkan Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing,” tandasnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua, dan benar-benar dapat mewujudkan dampak yang nyata bagi masyarakat Jombang pada umumnya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang”, harap Bupati Jombang Mundjidah Wahab.(adv/Dinas Kominfo Kab.Jombang)