Ekonomi Bangkit, Jogoroto Jombang Gelar Festival Grebeg Tahu

JOMBANG,NUSANTARAPOS,- Sebagai ungkapan rasa syukur dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan HUT Jam’iyyah Mahabbatur Rosul Ke-58, Perkumpulan UMKM Tahu Jombang “Sumber Berkah” Dusun Bapang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyelenggarakan Festival Grebeg Tahu dan Pawai gunungan tahu.

Sebagai sentra tahu, ada sebanyak 43 gunungan tahu yang ambil bagian menyemarakkan kegiatan yang dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab serta dihadiri Staf Ahli Gubernur Jawa Timur bidang Sumber Daya Manusia Dr. H. Jazuli S.H, M.Si, Wakil Ketua DPRD Jombang Farid Al Farisi, Wakil Ketua Komisi D DPRD M. Syarif Hidayatullah, Anggota DPRD Ifadhotul, Perwakilan Forkopimda, Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang, Forpimcam Jogoroto, Kepala Desa Sumbermulyo Fuad.

Pawai gunungan tahu diarak menggunakan mobil pickup, mulai dari Dusun Bapang dan finish di Lapangan terbuka Dusun Kebon Melati. Ratusan warga yang menyaksikan dan telah menunggu mendekati gunungan tahu, bersiap untuk saling merebut gunungan tahu.

Mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Staf Ahli Gubernur Jatim Akhmad Jazuli menyampaikan, ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Jogoroto khususnya Dusun Bapang Desa Sumbermulyo yang sudah mampu membangkitkan perekonomian pasca pandemi Covid-19, dan memberikan doa terbaik bagi kepemimpinan Bupati Jombang didalam mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing.

“Semoga dengan adanya Festival Grebeg Tahu dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan HUT Jam’iyyah Mahabbatur Rosul Ke-58 membawa barokah Dunia dan Akhirat bagi masyarakat Kecamatan Jogoroto khususnya masyarakat Dusun Bapang. Mudah-mudahan makmur serta rukun di bawah pimpinan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab,” tutur staf ahli Gubernur Jawatimur Dr. H. Jazuli SH, M.si pada Jumat (7/10/22) siang.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengatakan, adanya grebeg tahu tahun ini memberikan keberkahan bagi para pengusaha tahu Desa Sumbermulyo, dan juga masyarakatnya semakin berkah serta makin maju usahanya.

“Grebeg tahu merupakan salah satu ikon Jombang yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Sumbermulyo. Selain tahu, durian juga ikon Jombang yang ada di Wonosalam. Semoga ini menjadikan keberkahan bagi kita semuanya. Bagi para pengusaha tahu, semoga usahanya semakin maju dan warga masyarakat selalu kompak penuh kebersamaan dan gotong royongan,” ucapnya.

Terlihat tampak Gunungan Tahu dibagi-bagikan oleh panitia, serta secara langsung digrebeg oleh masyarakat yang menyaksikan. Mereka sangat antusias dan gembira menyambut festival Grebeg Tahu. Keseruan berebut tahu sangat terlihat ketika detik-detik Bupati Mundjidah Wahab bersiap membuka kegiatan tersebut.(adv/Dinas Kominfo Kab. Jombang)