DAERAH  

Field Evaluation ZI-WBBM, KPP Pratama Surabaya Karangpilang Siapkan Inovasi Cemerlang

Surabaya, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Karangpilang siap melaksanakan penilaian field evaluation pembangunan Zona Integritas-Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBBM) Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan pada Rabu (26/10).

Kegiatan field evaluation merupakan tahap penilaian yang dilakukan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan untuk melakukan penilaian apakah suatu unit vertikal Kementerian Keuangan telah memenuhi sebagian besar aspek manajemen perubahan, penataan tata laksana, sistem manajemen SDM yang efektif, melaksanakan penguatan pengawasan dan akuntabilitas publik serta telah mengedepankan kualitas pelayanan publik terbaik.

Pembangunan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang telah dilakukan sejak 2019. Berbagai inovasi dan perbaikan dilakukan untuk meningkatkan layanan serta mengimplementasikan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh tim penilai dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Ir. Eko Radnadi Susetio, M.M. dan diakhiri dengan virtual office tour untuk melihat inovasi dan beragam fasilitas yang dimiliki oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang.

Dalam paparan Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, dijelaskan berbagai inovasi yang telah dikembangkan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang seperti avatar, media cemerlang dan anjungan cemerlang.

Salah satu yang menarik adalah anjungan cemerlang dimana Wajib Pajak yang ingin mencetak NPWP rusak atau ingin mendapatkan formulir perpajakan, kini tidak perlu lagi antri di KPP. Wajib Pajak cukup datang ke anjungan cemerlang dan melakukan cetak mandiri. Layanan ini memudahkan Wajib Pajak karena cepat, tanpa antri dan semua layanannya gratis.

“Layanan cepat, tanpa antri, dan gratis ini adalah inovasi yang kami jadikan inovasi dalam meningkatkan pelayanan guna mengimplementasikan pembangunan wilayah birokasi bersih melayani, ” katanya.

KPP Pratama Surabaya Karangpilang beradaptasi dengan cepat atas kondisi pandemi Covid-19 dan dengan sigap mengembangkan inovasi layanan anjungan cemerlang. Sehingga Wajib Pajak tidak terkendala untuk tetap menjalankan pemenuhan kewajiban pajaknya.

Setelah selesai sesi pemaparan, kemudian tim penilai memberikan pertanyaan-pertanyaan, dan seluruh pertanyaan dijawab dengan baik dan terperinci oleh masing-masing penanggungjawab tim. Dalam field evaluation ini juga diberikan apresiasi yang baik dari tim penilai Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan atas inovasi yang dikembangkan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang karena telah berorientasi untuk menerapkan sistem pengendalian intern pemerintah yang baik, memiliki standar pelayanan yang baik, telah memiliki capaian kinerja unit yang sangat baik dan telah memanfaatkan teknologi dan informasi.

Manajemen perubahan yang diimplementasikan di lingkungan kerja KPP Pratama Surabaya Karangpilang harus terus dijalankan. Dengan predikat ZI-WBK yang telah diperoleh pada tahun 2019, tidak membuat KPP ini berhenti berinovasi. KPP Pratama Surabaya Karangpilang terus berupaya melakukan perubahan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, bebas dari korupsi, berkinerja tinggi dan melayani dengan sepenuh hati. (Afi)