DAERAH  

Pemkab Asahan Gelar Diklat Kehumasan dan Jurnalistik

ASAHAN, NUSANTARAPOS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Diklat Kehumasan dan Jurnalistik yang diikuti ASN (Aparatur Sipil Negara) dari tiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kecamatan yang menangani bidang Kehumasan.

Menurut Plt. Sekretaris Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Kabupaten Asahan Arbin Tanjung, ada sebanyak 60 orang yang mengikuti Diklat terdiri dari 35 orang dari Dinas/Badan dan 25 orang dari Kecamatan se-Asahan.

“Diklat ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia SDM ASN dalam melaksanakan kegiatan kehumasan atau penyampaian informasi kegiatan Pemerintahan didangnya masing-masing agar siap dan layak untuk dipublikasikan,” ungkap Tanjung, Kamis (27/10/2022).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis saat membuka acara yang dihadiri gelar di aula Melati Melati Kantor Bupati Asahan tersebut mengatakan, penyebarluasan informasi dan kehumasan termasuk faktor penting dalam menentukan penguatan informasi disetiap Instansi.

Sebagai komunikator publik bidang tersebut, tiap Instansi harus memiliki tenaga pranata Humas yang mampu menyampaikan informasi ke masyarakat secara baik dalam menyampaikan kebijakan dan hasil pembangunan.

“Seorang Humas disebuah Instansi wajib menguasai 2 hal, pertama kemampuan dibidang jurnalistik dalam menulis berita untuk mempublikasikan semua program yang ada di Instansi tersebut dan tulisanpun harus singkat, padat dan runut,” beber Muhili.

Hal yang kedua lanjut Muhili, Humas juga harus memiliki kemampuan dibidang diplomasi (public speaking) untuk menyampaikan ragam informasi berbentuk press release kepada insan media pada saat jumpa pers.

“Kepada para Narasumber saya berharap dapat menuangkan ilmu tentang kehumasan dan jurnalistik ini sebanyak-banyaknya kepada para peserta supaya mereka terampil dan mampu dalam melaksanakan tugas-tugas mereka dengan baik,” tutup Muhili.

Narasumber yang memberikan materi kepada para Peserta Diklat tersebut, Dra. Mazdalifah, M.Si, Ph.D dari Universitas Sumatera Utara dengan materi Eksistensi Humas dalam Organisasi Pemerintah, Drs. Muhammad Syahrir dari Dewan Kehormatan PWI Sumatera Utara dengan materi menjaga integritas dan profesionalisme wartawan, Indra Sikumbang Ketua PWI Kabupaten Asahan dengan materi tulisan menarik dan inovatif.

Terakhir Syamsuddin, SH, MM Kadis Kominfo Kabupaten Asahan dengan materi Peran Fungsi Strategi Humas Pemerintah di Kabupaten Asahan. (Nini)