DAERAH  

Kominfo Gandeng Anak Muda Papua Gelar Pertunjukan Rakyat

Jayapura, Nusantarapos. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar Pertunjukan Rakyat guna memberikan motivasi dan peningkatan kualitas diri generasi muda Papua melalui bakat minat. Hal itu sebagai upaya memujudkan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua dan Papua Barat, maka sebagai implementasi dari Inpers tersebut Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan anak-anak muda Papua. Kegiatan dikemas menarik dengan mengusung tema Peran Pemuda Papua Sebagai Pahlawan Percepatan Pembangunan Kesejahteraan, yang digelar di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Selasa (8/11) malam.

Dwi Dianingsih selaku Koordinator Bidang Politik dan Pemerintahan Dit. Polhukam, Ditjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, tujuan diadakannya pertunjukan rakyat adalah untuk memberi motivasi kepada anak-anak muda Papua, untuk lebih lebih meningkatkan kualitas diri, agar mampu membangun daerahnya dengan minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki.

“Jadi, selain kegiatan ini, ada beberapa kegiatan lainnya yang telah dan akan dilakukan diantaranya dialog publik, podcast dan sebagainya,” katanya kepada Mambruks.Com. Disampaikan Dwi, selain di Jayapura, pihaknya juga akan mengadakan dialog publik dalam rangka hari Pahlawan pada 10 November 2022, di Kota Rusa, Merauke.

“Temanya adalah pemuda sebagai pahlawan perekat dan pemersatu bangsa, dan kita sudah melakukan berbagai kegiatan bukan hanya di Papua, tetapi juga dibeberapa kota lainnya seperti Bandung, Malang, Solo, Jogja dan beberapa daerah yang memang di situ banyak anak-anak atau mahasiswa asli Papua,” jelasnya.

Dwi mengemukakan bahwa pihaknya mendukung upaya-upaya yang sifatnya membangun generasi muda Papua untuk maju bersama. “Saya lihat mereka sangat antusias dan ingin maju, kami sangat mendukung hal itu, makanya kami mengadakan acara seperti ini. Melihat mereka bersemangat membuat kami bahagia karena memang mereka juga sedang berjuang untuk maju,” ungkapnya.

Acara pertunjukan rakyat dimeriahkan oleh Shine of Black, Sanggar Seni Vanpalara, Omcon dan Shesni, dan diisi dengan talkshow yang menghadirkan narasumber anak asli Papua berbakat yakni Roberthus Yewen (Jurnalis Kompas), Epo D’fenomeno, Artis/Seniman Muda Papua dan Karlos Paisey (Content Creator/ Pemuda Milenial Papua), dengan dipandu oleh dua MC kondang Piter Ginuny dan Irsa Yoku. (Danil)