Banner Iklan Sariksa
DAERAH  

SDN Pondok Cina 1 Depok Akan Dibangun Masjid, Inilah Penjelasan Pemkot Depok

Depok, Nusantarapos – Belum lama ini Kota Depok dihebohkan Viralnya sebuah video yang melihatkan salah satu sekolah Dasar tertutup dengan pembangunan trotoar, pada Rabu (09/11).

Berdasarkan pantauan wartawan dari unggahan akun Instagram depok24jam, Rabu 9 November 2022. Trotoar yang baru dibangun itu menutup akses pintu masuk SDN Pondok Cina 1 setinggi kurang lebih 1 meter. Akibatnya, kendaraan roda dua tidak bisa masuk dan siswa harus melompat untuk masuk sekolah.

Terdengar seorang wanita yang merekam video mengeluhkan akses masuk sekolah yang tertutup trotoar itu. Ia mengaku heran dengan pembangunan yang tidak memperhatikan kondisi sekitar. Alias ‘asal-asalan’.

“Astaghfirullah, ini jalanan masuk ke sekolah seperti ini kondisinya. Ini pintu sekolah seharusnya orang proyek tau dong. Pintu gerbang segede gini emang ga ada yang lihat,” ujar wanita perekam video sambil memperlihatkan kondisi sekitar.

Wacana dari pihak Pemerintah Kota Depok bahwa SDN Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Margonda Raya akan diahlifungsikan dibangun menjadi masjid Agung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat mengklaim dengan menjamin siswa SDN Pondok Cina 01 tetap bisa belajar serta berkomitmen memenuhi hak belajar semua peserta didik. “Hak-hak belajar peserta didik tetap terjamin selama dan setelah proses pembangunan,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Kamis, (10/11) dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, “Kami menginformasikan kepada masyarakat, terutama orang tua murid, karena mungkin ada orang tua murid yang belum membaca surat dari kepala sekolah tentang BDR (belajar dari rumah) selama sepekan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sudah meninjau langsung ke SDN Pondok Cina I yang akan dialihfungsikan ini. “Kami sudah bicara dengan gubernur juga tahu, sudah ditinjau bahwa memang akan digunakan untuk Masjid Raya. Untuk SDN Pondok Cina I nanti akan direlokasi ke satu tempat,” ujarnya.

Imam juga menyampaikan faktor lain sehingga diperlukan relokasi SDN Pondok Cina I, yakni bangunan sekolah sudah tua dan berada di pinggir jalan. “Bangunannya juga sudah lama, kondisi Jalan Margonda juga padat, sisi keamanan lalu lintas. Sehingga kami memutuskan untuk relokasi ke tempat yang lebih aman dan nyaman,” ujarnya. (Rizky)