DAERAH  

Berdayakan Masyarakat Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Gelar Germas

ASAHAN, NUSANTARAPOS – Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diikuti sebanyak 120 peserta terdiri dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Kelompok Peduli Kesehatan, Kelompok Mitra Potensial Kesehatan, Institusi Pendidikan, Kepala Puskesmas, RSU, Kamtibmas dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama.

Kegiatan yang dirangkai dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 itu bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan implementasi kegiatan terkait pelaksanaan Germas antara Provinsi, Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor terkait.

“Kita harus saling bekerjasama dengan tupoksi yang dimiliki karena Germas ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Mega Karyati M. Kes Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Mega Karyati M, Jum’at (25/11/2022).

Ada 5 pilar sebut Mega yang harus dilaksanakan dalam pemberdayaan Germas yakni aktifitas fisik lebih kurang 30 menit setiap hari, cek kesehatan secara berkala 6 bulan sekali, peningkatan gizi seimbang, edukasi dan prilaku hidup sehat serta peningkatan kesehatan lingkungan.

Sementara itu Bupati Asahan Surya yang hadir membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan yang dirangkai dengan perayaan Hari Kesehatan Nasioanal tersebut bukan hanya sekedar perayaan pertambahan usia tetapi menjadi momentum yang baik untuk mereview, menginstropeksi serta berbenah atas berbagai permasalahan yang ada untuk kemajuan pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Tema Hari Kesehatan Nasional ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’ dipilih karena menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu menyelesaikan pandemi Covid-19 yang telah 3 tahun melanda kita,” ujar Surya.

Suryapun menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak termasuk Dinas Kesehatan Sumatera Utara yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan masyarakat Asahan yang lebih sehat melalui Germas.(nini)