DAERAH  

Lihat Kondisi Kotor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Turun Langsung Bersihkan Situ Pemda

Cibinong, Nusantarapos – Situ Pemda merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor khususnya bagi para pejabat ASN yang berkantor di lingkungan sekitarnya. Akan tetapi miris melihat ketika kondisi dan keindahan danau toba saat ini sudah mengalami gangguan hingga level kerusakan ekosistem dimana ditunjukkan dengan kondisi terjadinya pencemaran air secara masif dan masalah kebersihan sebagai akibat penyebaran sampah dimana-mana.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, turun langsung menggelar kegiatan bebersih Situ Pemda, Sabtu (26/11) pagi.

Dalam ketegasan Rudy Susmanto mengatakan, kantor DPRD bersebelahan langsung dengan Situ Pemda. Karena itu Ia ingin Situ selalu bersih.

Kantor DPRD Kabupaten Bogor ini bersebelahan langsung dengan taman Situ Plaza Cibinong atau Situ Pemda. Saya ingin situ tampak bersih terus,” ujarnya.

Bahkan dengan tegas lagi Rudy mengatakan, dirinya siap membahas jika dimungkinkan adanya anggaran rutin pemeliharaan. “Kalau memungkinkan untuk adanya anggaran rutin untuk pemeliharaan bisa kita bahas bersama,” ujarnya.

Putra Pajajaran yang dibesarkan Mataram itu juga berharap agar kantor DPRD bisa dibuka untuk umum saat akhir pekan. “Harapan saya juga, Kantor DPRD ini terbuka untuk umum terutama saat akhir pekan, jadi masyarakat bisa main ke taman, sekaligus ke DPRD yang juga ada tamannya,” ujarnya

Dalam kegiatan tersebut bertajuk Forkopimda Caring of Nature itu, Rudy Susmanto mengajak masyarakat untuk ikut menjaga situ yang menjadi salah satu ikon Bumi Tegar Beriman. “Ini menjadi bagian kepedulian kita terhadap lingkungan. Situ bermanfaat bagi kita untuk menjaga ketersediaan air saat kemarau dan mencegah banjir di musim hujan,” ujarnya.

Sejak beberapa hari ini, tutur Rudy, kita bersama bersih-bersih. Terima kasih kepada pekerja dari berbagai elemen yang ikut serta, dari unsur pemerintah, dari kepolisian, Pramuka, pegawai DPRD, dan semua pihak. “Saya juga berharap agar Pemkab Bogor secepat mungkin memanfaatkan puluhan situ yang ada di Kabupaten Bogor sebagai destinasi wisata murah dan ramah,” ujarnya.(Rizky)