DAERAH  

SMA Muhi Yogyakarta Salurkan Rp 38 juta untuk Korban Gempa Cianjur

SMA MUHI YOGYA SALURKAN 38 JUTA UNTUK KORBAN GEMPA CIANJUR

Yogyakarta, Nusantarapos – Musibah gempa bumi di Cianjur Jawa Barat menjadi duka bagi seluruh Bangsa Indonesia. Banyak di antara mereka yang kehilangan harta, benda, bahkan kehilangan jiwa saudara atau kerabatnya. Mereka yang rumahnya rusak harus mengungsi dan hidup dengan penuh keterbatasan. Kejadian ini menggugah simpati dari seluruh keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Atas musibah ini, pengurus IPM, pengurus Dewan Kerabat Penghela HW dan Lazis SMA Muhi mengadakan penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Cianjur. Seluruh keluarga besar SMA Muhi diminta memberikan infak terbaiknya untuk membantu saudara-saudara yang sedang tertimpa bencana ini. Selain dari siswa dan Bapak/Ibu guru dan tenaga pendidikan, bantuan dana juga diperoleh dari orang tua siswa SMA Muhi.

Jumlah yang terkumpul untuk donasi korban gempa dan banjir ini adalah sebesar Rp 38.211.000,-. Bantuan dana dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta diserahkan kepada Ketua PDM Kota Yogyakarta Drs. H. Akhid Widi Rahmanto untuk dikelola oleh LazisMu PDM Kota Yogyakarta. Penyerahan bantuan gempa bumi kepada Lazismu PDM Kota Yogyakarta diberikan pada hari Senin, 5 Desember 2022 pukul 11.30 WIB.

Kegiatan ini berlangsung di ruang kepala sekolah dengan dihadiri oleh perwakilan siswa dan wakil kepala sekolah. Nashifa yang duduk di kelas XI menyampaikan bahwa dirinya sangat senang bisa berpartisipasi dalam penggalangan dana ini. Menurutnya, sedikit rizkinya dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Kegiatan penggalangan dana ini dilakukan selama 1 minggu. Ada berbagai cara yang dilakukan untuk menggalang kepedulian ini. Cara tersebut diantaranya dengan membuka rekening LazisMu SMA Muhi, menempatkan kotak infak di berbagai tempat strategis dan penggalangan dana secara langsung di kelas. Kepala sekolah berharap kegiatan ini dapat memupuk rasa empati dan kepedulian dari peserta didik. Diharapkan dengan peserta didik dibiasakan sejak dini, peserta didik akan memiliki jiwa sosial kelak setelah dewasa.

“Setiap peristiwa yang terjadi, baik yang menyenangkan atau menyedihkan pasti ada hikmah yang bisa diambil. Semoga saudara-saudara yang terkena bencana bisa menerima dengan lapang dada dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut,” papar Drs. H Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah.

Ketua PDM Kota Yogyakarta Drs. H. Akhid Widi Rahmanto menyambut baik penggalangan donasi yang dilakukan oleh Pengurus IPM dan HW. “Ini menunjukkan Bahwa IPM SMA Muhi adalah organisasi yang hidup. Ada bencana, lalu respon. Ini juga wujud filantropi Muhammadiyah. Anak-anak IPM sudah dibekali dengan pengalaman-pengalaman gerakkan Muhammadiyah. Alhamdulillah, terkumpul dana yang nantinya akan disalurkan melalui LazisMu Kota Yogyakarta” tuturnya.