DAERAH  

Empat Tahun Derita Katarak, Warga Bandung Apresiasi Kemensos Gratiskan Operasi Mata

Bandung, Nusantarapos – Usman (60) salah satu peserta operasi katarak yang diselenggarakan Kementerian Sosial melalui Sentra Abiyoso Bandung mengungkapkan kebahagiaannya usai menjalani operasi.

“Saya sudah 4 tahun menderita katarak dan sekarang alhamdulillah sudah dioperasi. Sejak dulu saya kebingungan bagaimana saya bisa sembuh dari katarak, harus minta bantuan kepada siapa”, kata Usman di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung (10/12).

Ia mengungkapkan rasa syukurnya karena sudah bisa melihat dengan jelas lagi, “Alhamdulillah terimakasih banyak Sentra Abiyoso sudah memberikan bantuan operasi mata ini, sekarang saya bisa melihat dengan jelas”, ungkap Usman dengan Haru.

Seperti diketahui, setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Tahun ini berbagai rangkaian kegiatan dilakukan oleh Sentra Abiyoso, salah satunya Operasi Mata Katarak secara Gratis. Kegiatan ini bekerja sama dengan berbagai instansi/organisasi.

Sinergi dalam rangkaian kegiatan operasi ini dilakukan bersama Direktorat Lanjut Usia Kemensos RI,  Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih, Perdami Pusat atau Organisasi Profesi Dokter Spesialis Mata Indonesia, dan Yayasan Selaras.

“Operasi katarak dilakukan kepada 30 peserta dari 63 peserta yang lolos skrining. Setelah tindakan operasi, akan ada pemeriksaan kembali pasca operasi untuk mengetahui perkembangan hasil operasi”, kata Kepala Sentra Abiyoso Agung Hendrawan.

Sentra Abiyoso ikut berpartisipasi dalam rangkaian Hari Disabilitas Internasional dengan melakukan operasi katarak. Peserta Operasi Katarak ini berasal dari Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi dengan target 100 orang yang diselenggarakan di RS Sartika Asih bekerjasama dengan Perdami.

“Kami berharap, dengan diadakannya operasi katarak gratis ini, bisa membantu memsukseskan agenda nasional Indonesia Melihat”, harap Agung. (Rizky)