DAERAH  

Bersama Komisi VIII DPR RI, Warga Bandung Barat Dapat Bantuan Kewirausahaan dan ATENSI Program Kemensos

Bandung Barat, Nusantarapos – Kementerian Sosial bersama Komisi VIII DPR RI menyalurkan berbagai bantuan sosial di Kabupaten Bandung Barat. Bantuan yang disalurkan berupa bantuan Kewirausahaan dan ATENSI dengan total nilai lebih dari 115 juta rupiah kepada 81 Penerima Manfaat (PM).

Selain menyerahkan bantuan, dalam kunjungan tersebut juga untuk aspirasi dan melihat secara langsung pelayanan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Bandung.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Pepen Nazaruddin mengatakan bahwa Kementerian Sosial RI telah menjalin kemitraan di Provinsi Jawa Barat baik dalam lingkup pelaksanaan kebencanaan di jaminan sosial, pemberdayaan sosial termasuk pelayanan rehabilitasi sosial.

“Terkait dengan keberadaan lembaga ini (PPSBR Lembang) ada kemiripan dan memang standar kita sama… pelayanan residensial dan non residensial ini saling melengkapi yang pada akhirnya responsif terhadap masyarakat” tambahnya.

Kunjungan Kerja Spesifik yang dilaksanakan di Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) Kabupaten Bandung Barat.dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPRI DR. TB. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si., rurut hadir juga Kepala.Sentra Wiyata Guna Iri Sapria.

Sentra Wyata Guna melalui program ATENSI salurkan Pemenuhan Kebutuhan Dasar berupa Sembako dan Nutrisi serta Alat Bantu Disabilitas berupa Alat Bantu dengar, Kursi Roda, Tongkat Satu Tangan, dan Tongkat Jalan Lipat secara langsung kepada 38 PM Penyandang Disabilitas, Lansia, dan Anak di PPSBR Lembang senilai Rp51.840.000,-

Sementara dari Sentra Abiyoso juga salurkan program ATENSI Pemenuhan Kebutuhan Dasar berupa Sembako kepada 40 PM PPSBR Lembang senilai Rp10.400.000,- serta Rp53.133.00,- bantuan Kewirausahaan dari Direktorat Pemberdayaan Sosial kepada 3 PM PPSBR Lembang.

Selain itu disalurkan juga bantuan BLT BBM, Sembako, dan PKH kepada 198.746 KPM di Kabupaten Bandung Barat senilai Rp187.415.875.000,-

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, DR. TB. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kami Komisi VIII ingin mengetahui tentang bagaimana penanganan masalah sosial dan bantuan – bantuan sosial yang ada di Kabupaten Bandung Barat, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Sosial yang juga akan menyalurkan bantuan.

Kepala Sentra Wyata Guna Bandung, Iri Sapria menyatakan bahwa penyaluran ATENSI ini akan terus di laksanakan demi memenuhi hak para Penyandang Disabilitas, Lansia, Anak, maupun para Kelompok Rentan, pungkasnya.

Salah satu Penerima Manfaat Erni (19) Penyandang Disabilitas Fisik penerima bantuan ATENSI Kursi Roda mengungkapkan terimakasih atas bantuan yang telah diterimanya.

“Alhamdulillah, seneng banget pak, terimakasih kementerian sudah melakukan bantuan seperti ini, jadi gak capek dan sangat bermanfaat” tuturnya gembira.

Turut menghadiri acara tersebut Kementerian Negara PPA, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, PT.Pos Indonesia dan Aparat Desa Setempat.(Rizky)